sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
Selasa, 24 Nov 2020 11:40 WIB

Panasonic luncurkan TV OLED transparan pertamanya

TV ini ditujukan untuk penggunaan komersial, seperti ritel atau pusat perbelanjaan. Artinya, TV OLED transparan Panasonic tidak ditujukan khusus untuk ditonton di ruang keluarga.

Panasonic luncurkan TV OLED transparan pertamanya

Salah satu raksasa elektronik ternama, Panasonic telah memulai penjualan TV OLED transparannya. TV tembus pandang ini memiliki model TZ1000 dan TZ1100. Mungkin model tersebut memiliki nama yang mirip dengan TV OLED ‘standar’ Panasonic yang sudah ada seperti HZ1000, HZ1500, dan HZ2000.

Dilansir dari Techradar (24/11), TV OLED transparan dari Panasonic itu belum mengusung resolusi 4K seperti kebanyakan TV Panasonic saat ini. Oleh karena itu, pengguna harus puas dengan port HDMI 1.4 ketimbang standar HDMI 2.0 atau HDMI 2.1 yang ada pada kebanyakan smart TV di pasar. Resolusi dari Panasonic TZ1000 dan TZ1100 adalah Full HD (1920 x 1080 piksel).

TV ini ditujukan untuk penggunaan komersial, seperti ritel atau pusat perbelanjaan. Artinya, TV OLED transparan Panasonic tidak ditujukan khusus untuk ditonton di ruang keluarga, setidaknya dalam waktu dekat. Purwarupa TV transparan ini sebenarnya sudah dipamerkan pada ajang IFA 2019, yang bertindak sebagai lemari kaca saat tidak digunakan, dan mengaburkan latar belakang saat diaktifkan.

Namun sayangnya ada masalah utama dengan OLED transparan, yaitu piksel yang tidak memancarkan cahaya seperti biasanya (hitam), berbeda dengan layar OLED konvensional. Kemampuan untuk menunjukkan warna hitam yang pekat, dengan mematikan seluruh piksel, tidak akan terjadi pada OLED transparan. Dengan demikian, saat TV ini dalam kondisi mati, Anda tidak akan mendapati layar hitam melainkan transparan.

Panasonic sedang mencoba untuk memperbaiki masalah itu, dengan filter peredupan pada TZ1100 yang dapat menggelapkan layar bila diinginkan – meskipun sekaligus menggandakan ketebalan layar secara keseluruhan. Tetapi sayangnya tidak ada kabar lebih detail seputar harga kedua TV ini.

Baik model TZ1000 dan TZ1100 memiliki ukuran 55 inci. Pemasok dari layar TV OLED transparan ini adalah LG Display dan diinformasikan mampu beroperasi dalam suhu 0 hingga 40 derajat Celcius. Saat ini, panel OLED adalah teknologi layar terbaik yang dapat digunakan untuk TV transparan karena tidak memerlukan lampu latar dan dapat memancarkan cahaya sendiri.

Share
×
tekid
back to top