Panasonic luncurkan kamera khusus video, bisa rekam 6K

Lumix S1H menjanjikan beragam fitur sinematik untuk pembuat film yang menginginkan manfaat dari sistem kamera mirrorless tanpa terlalu banyak berkompromi dengan kamera khusus sinema.

Panasonic luncurkan kamera khusus video, bisa rekam 6K

Salah satu pabrikan yang pertama kali mengenalkan kamera mirrorless, Panasonic, telah resmi meluncurkan kamera mirrorless full-frame terbarunya lewat Lumix S1H. Hal ini membuat kamera baru tersebut menjadi full-frame ketiga yang dihadirkan setelah Lumix S1R dan Lumix S1. Sebagai catatan, S1R hadir menawarkan detil foto yang tajam. S1 hadir untuk kebutuhan foto dan video, sedangkan Lumix S1H khusus untuk video.

Lumix S1H menjanjikan beragam fitur sinematik untuk pembuat film yang menginginkan manfaat dari sistem kamera mirrorless tanpa terlalu banyak berkompromi dengan kamera khusus sinema. Selain menjadi kamera lensa lepas-tukar full-frame pertama di dunia yang menawarkan perekaman 6K/24p (dalam rasio 3:2), Lumix S1H juga mampu merekam video 5,9K/30p dalam rasio 16:9 dan 4K/60p. Resolusi yang dihadirkan ketika memotret adalah 24,2 MP.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Sony umumkan kamera mirrorless full-frame a9 II

Tiga lensa mirrorless full-frame Canon sambangi Indonesia

Nikon Z50 akan hadir dengan sensor APS-C


Tidak ketinggalan pula teknologi Dual Native ISO khas Panasonic yang pertama kali hadir pada lini VariCam. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk beralih di antara pengaturan ISO 640 dan 4000 tanpa tersandung gangguan noise. Fitur ini diklaim sangat berguna untuk para pembuat film.

Aneka fitur penting lainnya adalah stabilisasi gambar dalam bodi (IBIS) 5 arah yang dapat pula bersinergi dengan lensa OIS Panasonic demi memberikan stabilisasi 6,5 stop, slot kartu UHS-II ganda, layar LCD dengan engsel fleksibel, dan waktu perekaman yang tidak terbatas.

Dilansir dari PetaPixel (27/8), Panasonic juga melengkapi bodi S1H dengan bodi tahan cuaca ekstrem. Sehingga dapat digunakan dalam kondisi lingkungan banyak debu, cipratan air dan anti suhu rendah hingga -10 derajat Celcius.

Sisi fotografi memang tidak dibuat terlalu menonjol, tetapi ia masih dilengkapi dengan format RAW 14 bit. Ada pula kemampuan pemotretan continuous 6 fps untuk AF tetap dan 9 fps dalam keadaan AF dinamis. Kamu juga dapat menggunakan mode foto beresolusi tinggi untuk memotret gambar beresolusi 96 MP dengan menggabungkan beberapa gambar.

Panasonic membanderol kamera mirrorless full-frame Lumix S1H (bodi) dengan harga USD4.000 (Rp57 juta) dan tersedia mulai September 2019.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: