sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Kamis, 10 Nov 2022 09:04 WIB

Meski produksi melemah, pabrik Apple di Tiongkok tetap paling menguntungkan

Menurut laporan perkiraan dari FinanceTimes, Apple saat ini bernilai lebih dari Tencent dan Alibaba jika digabungkan.

Meski produksi melemah, pabrik Apple di Tiongkok tetap paling menguntungkan

Apple mengandalkan Tiongkok untuk kapasitas produksi skala besar. Namun selama beberapa tahun terakhir, Apple menghadapi masalah ketegangan politik antara AS dan Tiongkok, bersamaan dengan pandemi Covid-19. Oleh sebab itu, perusahaan perlahan mengalihkan produksi ke negara lain seperti India. 

Terlepas dari masalah ini, pabrik Apple di Tiongkok nyatanya masih paling menguntungkan. Efek pandemi memungkinkan bisnis Apple di Tiongkok berkembang pesar. Pendapatan operasionalnya meningkat 104% selama 24 bulan menjadi USD31,2 miliar pada tahun fiskal yang berakhir pada September.

Menurut laporan perkiraan dari FinanceTimes, Apple saat ini bernilai lebih dari Tencent dan Alibaba jika digabungkan. Sebagai informasi, perusahaan masing-masing mengantongi kekayaan USD15,2 miliar dan USD13,5 miliar.

Apple dan Tiongkok mencapai kesepakatan yang memungkinkan pabrikan iPhone untuk lolos dari “tindakan keras terhadap perusahaan IT lokal,” begitulah cara mendapatkan keuntungan. 

Perjanjian, yang dibuat sebagai hasil dari kunjungan diplomatik berulang kali CEO Tim Cook ke negara itu selama bertahun-tahun, telah sangat memperkuat rantai pasokan Apple di wilayah tersebut. Perjanjian tersebut memungkinkan Apple untuk menjaga "akses tidak terbatas" ke tenaga kerja dan manufaktur yang terjangkau, yang sangat penting untuk keberhasilannya.

Namun kritikus berpendapat, kedekatan Apple dengan pemerintah dan akses ke sumber daya Tiongkok, membuat perusahaan lebih bersedia untuk memenuhi tuntutan administratif. Ini termasuk menyimpan data pengguna Tiongkok di pusat data milik pemerintah provinsi, menghapus ribuan aplikasi dari App Store, dan menghindari topik kontroversial.

Keuntungan lain dari diplomasi untuk Apple termasuk melemahnya Huawei secara signifikan. Pada 2019, warga Tiongkok membantu pembelian smartphone Huawei, mendorong pabrikan lokal melewati Apple dalam penjualan global tahun itu. Sekarang, Apple memiliki pasar smartphone China senilai lebih dari USD600, dengan hanya sedikit pesaing yang mampu bersaing di level tersebut.

Share
×
tekid
back to top