sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Rabu, 16 Nov 2022 16:44 WIB

OPPO umumkan teknologi ray tracing dalam ponsel berbasis Snapdragon 8 Gen 2

Tahun lalu, OPPO memang sempat menghadirkan teknologi ray tracing. Namun ini hanya pada perangkat MediaTek. Kali ini, mereka menghadirkannya pada perangkat Qualcomm.

OPPO umumkan teknologi ray tracing dalam ponsel berbasis Snapdragon 8 Gen 2

Hari ini Qualcomm mengumumkan SoC Snapdragon 8 Gen 2 terbaru dan terbaik mereka saat acara bernama Snapdragon Summit 2022. Pada kesempatan yang sama, OPPO juga naik panggung untuk mengumumkan solusi ray tracing barunya, yang akan ditawarkan ke ponsel berbasis Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2.

Pabrikan ponsel asal Tiongkok tersebut memang sempat mengumumkan ray tracing untuk ponsel pada tahun lalu, tetapi terbatas pada perangkat yang didukung MediaTek Dimensity. Dilansir dari Gizmochina (16/11), sekarang OPPO telah meluncurkan teknologi ray tracing terbarunya, tetapi kali ini didukung pada chip Snapdragon terbaru.

Sebelumnya, kita juga telah melihat Samsung meluncurkan chip Exynos-nya dengan dukungan ray tracing yang berbasis perangkat keras. OPPO telah mendemonstrasikan solusi ray tracing terbuka terbarunya yang akan memungkinkan pengembang dan kreator untuk menawarkan pengalaman ray tracing yang lebih baik pada ponsel dengan chipset Qualcomm terbaru.

Teknik ray tracing baru OPPO menggunakan versi modifikasi dari PhysRay SDK miliknya yang memungkinkan ray tracing diterapkan ke adegan gim berskala besar yang kompleks di perangkat mobile.

Selain itu, OPPO juga mendemonstrasikan teknologi tersebut menggunakan gim first-person shooter (FPS) bernama ‘Camp Guard’, yang memiliki lebih dari 2.000 model fisik, 800.000 segitiga, dan hampir 100 tekstur di Snapdragon Summit 2022. Ini adalah demonstrasi interaktif yang memamerkan peningkatan bayangan, pantulan, dan penerangan berkat teknologi baru.

OPPO mengklaim bahwa gim FPS tersebut bisa berjalan dengan resolusi 720p pada 60 fps selama setengah jam di ponsel yang dibekali SoC Snapdragon 8 Gen 2. Teknologi ray tracing baru dikembangkan oleh OPPO dalam kemitraan dengan Qualcomm untuk “pengujian driver, pengoptimalan shader, dan pengembangan compiler tool development di kancah gim”. Menariknya, pengumuman ini juga tiba beberapa hari setelah OPPO meluncurkan kemitraannya dengan Unity, perusahaan di balik mesin gim Unity yang populer untuk menawarkan performa gim yang lebih baik.

Share
×
tekid
back to top