sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Rabu, 15 Des 2021 11:11 WIB

OPPO umumkan prosesor gambar MariSilicon X buatan sendiri

MariSilicon X baru ini diproduksi menggunakan proses 6 nm dari TSMC dan berupaya meningkatkan performa pencitraan ponsel OPPO yang akan datang.

OPPO umumkan prosesor gambar MariSilicon X buatan sendiri

Pada tanggal 14 Desember 2021, OPPO secara resmi memulai acara OPPO INNO Day. Selama konferensi ini, perusahaan itu meluncurkan sejumlah teknologi baru, termasuk chipset NPU pertama yang dikembangkan sendiri, MariSilicon X.

Pendiri dari CEO OPPO, Chen Mingyong, memamerkan chipset pertama yang dikembangkan perusahaan sendiri tersebut. Sesuai pengumuman resmi, NPU MariSilicon X adalah chipset berbasis imaji yang dirancang dan dikembangkan secara independen oleh perusahaan.

Dilansir dari Gizmochina (15/12), Chen menyatakan bahwa chipset tersebut tadinya dinamai Mariana Trench (Palung Mariana), yang merupakan bagian terdalam di dunia. Nama khusus ini ditetapkan untuk menandakan kedalaman “imajinasi” dan inovasi perusahaan.

Selama pengumuman senior eksekutif itu juga menambahkan bahwa OPPO perlu mengembangkan teknologi inti agar siap menghadapi tantangan apa pun yang mungkin dihadapinya di masa mendatang. Dengan kata lain, chip ini juga merupakan langkah menuju kemandirian.

MariSilicon X baru ini diproduksi menggunakan proses 6 nm dari TSMC dan berupaya meningkatkan performa pencitraan ponsel OPPO yang akan datang. Perusahaan lebih lanjut menambahkan bahwa chipset baru itu akan tersedia di ponsel mulai tahun depan.

Chipset baru ini akan menawarkan komputasi AI real-time untuk meningkatkan efisiensi energi sambil juga menawarkan kemampuan ultra HDR “terdepan dalam industri”. MariSilicon X tersebut juga akan memungkinkan pengambilan RAW lossless real-time dan memaksimalkan kinerja sensor RGBW serta menawarkan rentang dinamis ekstrem melalui HDR 20 bit. Secara khusus, OPPO juga resmi mengumumkan bahwa chipset baru ini akan ditampilkan pada ponsel flagship seri Find X 2022, yang akan menandai kedatangan teknologi chip ganda.

Share
×
tekid
back to top