sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Selasa, 26 Jul 2022 17:09 WIB

OPPO Reno8 dipastikan pakai NPU MariSilicon X, rilis Agustus

MariSilicon X adalah NPU buatan OPPO yang memiliki tiga keunggulan utama, yaitu ultra HDR Imagr Signaling Processor, RGBW Pro yang sudah ditingkatkan, dan lebih efisien dalam hal manajemen daya.

OPPO Reno8 dipastikan pakai NPU MariSilicon X, rilis Agustus

Setelah meluncurkan lini Reno7 Series pada Maret lalu, kini OPPO bersiap untuk menghadirkan generasi selanjutnya yakni OPPO Reno8. Jelang peluncuran di Tanah Air, OPPO mengungkapkan teknologi kamera yang akan disematkan pertama kalinya pada seri Reno baru ini, yaitu MariSilicon X.

MariSilicon X merupakan NPU buatan OPPO yang sebelumnya hadir pada seri flagship perusahaan, Find X5 Pro 5G. Aryo Meidianto selaku PR Manager OPPO Indonesia menjelaskan hadirnya MariSilicon X akan memberikan kemampuan kamera potret di malam hari dengan efisiensi daya yang lebih baik.

"MariSilicon X menjadi satu-satunya OPPO dedicated NPU yang akan hadir di perangkat Reno untuk pertama kalinya. Kami mengembangkan chipset NPU ini awalnya pada perangkat Find X Series, namun sesuai dengan komitmen OPPO untuk membawa teknologi ini agar dapat dinikmati lebih banyak orang lagi, maka kami berupaya menghadirkan chipset NPU buatan OPPO ke perangkat OPPO Reno Series," kata Aryo dalam OPPO Reno Camera Workshop di Jakarta, Selasa (26/7).

Dirancang dengan fabrikasi 6nm dari TSMC, MariSilicon X memiliki tiga keunggulan, yaitu Ultra HDR Image Signaling Processor, RGBW Pro yang sudah ditingkatkan, dan lebih efisien dalam hal manajemen daya.  Aryo mengklaim, efisiensi daya akan lebih optimal dengan menggunakan NPU sendiri, daripada menggunakan NPU bawaan dari chipset. 

Dibandingkan dengan Find X3 Pro yang menggunakan generic NPU, daya yang dikuras oleh MariSilicon X jauh lebih kecil, yakni 797 mW dengan 40 fps. Sementara Find X3 Pro menggunakan 1693 mW dengan 2 fps. Ini artinya, kecepatan memproses kecerdasan buatan pada MariSilicon X 20x lebih cepat.

Sementara itu, dynamic range yang dihasilkan NPU buatan OPPO ini 4x lebih luas daripada Find X3 Pro. Ini dapat memberikan ketajaman, warna, serta detail yang baik pada gambar maupun video yang diambil di kondisi minim cahaya. Bicara soal video, MariSilicon X juga memiliki kemampuan untuk merekam pada resolusi 4K Ultra HDR Live Preview.

MariSilicon X akan pertama kali disematkan pada seri Reno yang akan datang, yakni OPPO Reno8. Spesifikasi kamera lebih lanjut akan diumumkan tidak lama lagi bersamaan dengan peluncuran smartphone awal Agustus ini.

Tag
Share
×
tekid
back to top