sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
Selasa, 28 Sep 2021 13:23 WIB

OPPO Reno6 5G vs vivo X60: Tampil beda dan bertenaga

Mengusung desain retro, OPPO Reno6 5G tetap dapat tampil stylish dan bertenaga berkat prosesor MediaTek Dimensity 900.

OPPO Reno6 5G vs vivo X60: Tampil beda dan bertenaga

OPPO Reno6 merupakan seri Reno paling anyar milik perusahan asal Dongguan, Tiongkok. Seri ini hadir mengisi kelas pasar premium dengan beberapa varian lainnya. Salah satunya adalah Reno6 5G.

Dari namanya saja, kita sudah bisa menebak bahwa perangkat tersebut sudah mendukung konektivitas 5G. Hal yang menarik lainnya adalah OPPO menggunakan bahasa desain yang berbeda jika dibandingkan dengan seri Reno6 4G dan Reno6 Pro.

OPPO Reno6 5G hadir dengan desain Retro Ultra-Slim. Di mana tepiannya dibuat flat-edge atau rata, tidak melengkung seperti pada varian Reno6 lainnya. Secara visual, OPPO Reno6 5G tampil stylish dengan gaya mengotak.

Meski menampilkan desain tepian yang rata, OPPO Reno6 5G tetap nyaman digenggaman. Didukung bobotnya yang hanya berkisar 182 gram, perangkat ini sangat mudah digunakan.

Perangkat ini dibanderol pada kisaran harga Rp7.999.000,-. Hal ini mengingat perbedaan dapur pacu yang dibawanya, dari varian Reno6 lainnya. Pada varian ini, OPPO menggunakan chipset milik MediaTek yang sudah mendukung jaringan 5G.

Menariknya, pada kisaran harga tersebut, OPPO Reno6 5G memiliki kompetitor, yakni vivo X60. Dibanderol dengan kisaran harga yang sama, vivo membawa dapur pacu yang berbeda. Pastinya ada keunggulan yang ditawarkan oleh masing-masing vendor. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasanya:

Performa prosesor

OPPO Reno6 5G ditenagai oleh MediaTek Dimensity 900 5G. Dibangun pada fabrikasi 6nm, Dimensity 900 menawarkan performa yang baik dikelasnya. Selain itu, satu hal yang pasti, dengan fabrikasi lebih kecil, Dimensity menawarkan efisiensi yang lebih baik, namun tetap memliki performa yang sangat baik.

Hal ini dapat dilihat dari pengujian menggunakan aplikasi PCMark yang bisa dilihat di bawah ini:

Aplikasi yang dirancang untuk memberikan gambaran performa smartphone secara keseluruhan tersebut, menunjukkan performa OPPO Reno6 5G lebih unggul dibanding vivo X60 hampir di semua aspek pengujian dari PCMark.

Kinerja perangkat saat merender halaman web, menelusuri konten, dan menambahkan item menggunakan Android WebView asli mendapatkan skor 9121. Jika dibandingkan dengan vivo X60 yang mendapatkan skor 7218, bisa dikatakan kenyamanan berinteraksi dengan web akan lebih menyenangkan ketika menggunakan OPPO Reno6 5G.

Begitu pula untuk urusan mengedit foto ataupun video, OPPO Reno6 5G mendapatkan skor 25562 untuk edit foto dan 6516 untuk edit video. Jika dibandingkan dengan vivo X60, skor yang didapatkan untuk mengedit foto dan video masing-masing 25232 dan 7218. Dengan kata lain, proses edit –editan foto maupun video akan terasa leih mulus dan lancar pada OPPO Reno6 5G.

Kemudian pada pengujian Writting untuk mengukur waktu membuka, mengedit, dan menyimpan dokumen menggunakan tampilan EditText Android asli dan PdfDocument API lagi-lagi skor OPPO Reno6 5G lebih unggul. Dengan memperoleh skor 14398 dibanding 11095 pada vivo X60, OPPO Reno6 5G jelas lebih gesit.

Fitur gaming bikin nyaman

Selain andal dipakai untuk aktivitas sehari-hari, OPPO Reno6 5G juga memberikan pengalaman bermain gim yang menyenangkan.

Ada beberpa fitur yang bisa memberikan pengalaman bermain gamer jadi lebih seru. Seperti hadirnya Motor Linear sumbu Z yang akan memberikan sensasi getaran yang nyata saat bermain gim. Ada pula dukungan Dolby Atmos untuk memberikan pengalaman surround yang imersif.

OPPO Reno6 5G juga dibekali software yang dapat meningkatkan pengalaman bermain gim untuk penggunanya. Seperti fitur Quick Startup yang bisa mempersingkat loading time yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah gim.

Pengguna juga dapat bermain gim tanpa gangguan notifikasi berkat fitur Game Focus Mode, yang akan memblokir berbagai notifikasi yang biasanya ditampilkan pada notifikasi bar. Kemudian, pengguna juga dapat mengaktifkan Bullet notification yang membaut tampilan pesan masuk menjadi minimalis sehingga tak mengganggu keseruan saat bermain.

Tak ada waktu untuk menunggu

Meski dibekali prosesor yang lebih efisien, sehingga pengguna OPPO Reno6 5G tidak perlu terlalu sering khawatir terkait daya tahan baterainya, OPPO tetap memberikan fitur eksklusif untuk penggunanya. Khususnya untuk pengisian daya cepat, yang dirasa sangat penting saat ini, terutama untuk pengguna muda yang dinamis, yang harus terus bergerak cepat.

Reno6 5G hadir dengan pengisian cepat (fast charging) SuperVOOC 65W. Dengan kapasitas baterai 4.300 mAh, Reno6 5G mampu mengisi baterai dari keadaan kosong hingga 100% hanya dalam waktu hanya 28 menit.

Di sisi lain, sistem pengisian vivo X60 hanya didukung dengan adapter daya 33W. Dengan demikian proses pengisian baterainya tidak secepat OPPO Reno6 5G. Dengan kapasitas 4300 mAh, vivo X60 memerlukan waktu sekitar 1 jam untuk mengisi baterai hingga penuh. Dengan demikian, OPPO Reno6 5G jauh lebih menghemat waktu dalam hal pengisian baterai.

Itu tadi perbandingan Reno6 5G dengan vivo X60 yang merupakan kompetitor pada rentang harga yang sama. Gambaran di atas adalah gambaran kinerja smartphone berdasarkan penggunaan prosesor serta fitur pengisian cepat. Di mana OPPO Reno6 5G bisa dijadikan perangkat andalan sehari-hari dengan performanya yang baik serta pengisian daya cepat yang singkat.

 

Editor
Share
×
tekid
back to top