sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Jumat, 30 Des 2022 15:15 WIB

OPPO dikabarkan sedang kembangkan prosesor untuk ponsel

Ada kabar yang menginformasikan bahwa OPPO sedang mengembangkan prosesor buatan sendiri untuk ponsel.

OPPO dikabarkan sedang kembangkan prosesor untuk ponsel

OPPO sebelumnya telah meluncurkan chipset kusus pencitraan gambar milik mereka sendiri untuk perangkat ponsel, yang dikenal sebagai OPPO Marisilicon. Chipset pencitraan ini memang membuat beberapa peningkatan yang terlihat dalam hal fotografi dan videografi pada perangkat yang menggunakannya.

Sekarang, ada berita lain yang mengklaim bahwa OPPO dikabarkan sedang mengerjakan prosesor baru yang dikembangkan sendiri untuk ponsel. Dilansir dari Gizmochina (30/12), chipset tersebut saat ini sedang dalam pengembangan dan kabarnya akan diluncurkan tahun depan.

Seorang blogger digital dengan akses ke rantai industri semikonduktor Taiwan (TSMC) telah mengungkapkan bahwa OPPO saat ini sedang mengembangkan application processor (AP) untuk ponsel pintar, dengan tanggal rilis direncanakan pada kuartal kedua tahun 2023, dan desainnya hampir selesai di alur uji coba pertama.

Prosesor itu akan diproduksi secara massal pada kuartal ketiga, menggunakan teknologi daya finfet 4nm dan modem 5G eksternal. Jadi telah dipastikan bahwa chipset OPPO mendatang bakal berbasiskan teknologi manufaktur 4nm.

Selain itu, blogger Weibo terkenal lainnya Digital Chat Station membagikan salinan berita sebelumnya, yang pada dasarnya cocok dengan informasi yang disebutkan di atas, menyiratkan bahwa situasinya telah diselesaikan. Blogger itu mengantisipasi bahwa chip buatan OPPO akan tersedia pada tahun 2024 dan produk selanjutnya akan menggunakan teknik desain 3nm yang lebih canggih.

Sebuah perusahaan komunikasi Tiongkok, Hua, sebelumnya telah mengumumkan penandatanganan kesepakatan lisensi silang paten global dengan OPPO Guangdong Mobile Communications Co., Ltd. Perjanjian itu mencakup paten mendasar untuk protokol komunikasi seluler seperti 5G.

Dengan kata lain, OPPO membayar hak untuk menggunakan teknologi 5G. Ini dapat menyiratkan bahwa mereka menandatanganinya untuk bekerja pada chipsetnya yang akan datang.

Share
×
tekid
back to top