sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Kamis, 15 Des 2022 10:32 WIB

Opensignal ungkap hasil analisis jaringan operator seluler Indonesia sepanjang 2022

Opensignal adalah standar global independen untuk menganalisis pengalaman seluler pelanggan. Berikut adalah hasil laporan pengalaman jaringan seluler Indonesia.

Opensignal ungkap hasil analisis jaringan operator seluler Indonesia sepanjang 2022
© Opensignal Limited

Perusahaan analitik seluler global Opensignal kembali merilis artikel analisis terbaru. Lewat analisis ini, Opensignal memaparkan hasil analisis terhadap pengalaman jaringan seluler dari semua penggunanya di Indonesia pada lima operator.

Kelima operator itu adalah 3 (Tri), Indosat, Smartfren, Telkomsel, dan XL, selama 90 hari mulai 1 Agustus 2022. Opensignal juga memeriksa pengalaman jaringan seluler penggunanya di 10 wilayah utama di Indonesia dan menggunakan pengukuran 5G serta teknologi jaringan seluler generasi lama untuk menentukan skor setiap kategori penghargaan. Berikut adalah temuan dari analisis tersebut:

XL berada di posisi teratas untuk hasil pengukuran pengalaman video, gim, dan aplikasi suara

Pengguna ponsel di XL menikmati kualitas pengalaman terbaik yang tersedia saat streaming video, bermain gim seluler multiplayer, atau menggunakan layanan suara over-the-top (OTT). Hasilnya, XL dinobatkan sebagai pemenang penghargaan Pengalaman Video, Pengalaman Game, dan Pengalaman Aplikasi Suara dari Opensignal di Indonesia.

XL dinobatkan pemenang penghargaan ‘pengalaman kecepatan unduhan’

Dengan kecepatan unduh keseluruhan rata-rata 20,8 Mbps, pengguna XL mencatat Pengalaman Kecepatan Unduhan tercepat di Indonesia — 18,2% lebih cepat dari Telkomsel di posisi kedua dan lebih dari dua kali lipat dari Smartfren di posisi terakhir 9,5 Mbps. Pengguna XL Opensignal juga membuktikan peningkatan terbesar dalam kecepatan unduhan rata-rata mereka, meningkat sebesar 2,1 Mbps (10,9%) sejak laporan Opensignal sebelumnya.

Telkomsel memiliki pengalaman paling konsisten

Saat membandingkan operator Indonesia berdasarkan ukuran konsistensi pengalaman, Telkomsel memenangkan penghargaan kualitas Excellent Consistent dan Core Consistent untuk kedua kalinya berturut-turut dalam laporan pengalaman seluler Opensignal. Hasil ini menunjukkan bahwa pengguna Telkomsel melihat proporsi pengujian terbesar yang memenuhi ambang minimum untuk mendukung aplikasi seluler reguler dan yang lebih menuntut.

Telkomsel unggul dalam pengalaman jangkauan 4G

Telkomsel memenangkan penghargaan Pengalaman Jangkauan 4G dengan skor 8,8 pada skala 10 poin, mengungguli XL dan Indosat dengan skor masing-masing 6,5 dan 6,4 poin. Pengalaman Jangkauan 4G Opensignal menganalisis lokasi tempat pelanggan operator jaringan menerima sinyal 4G relatif terhadap lokasi yang dikunjungi oleh pengguna semua operator jaringan.

Share
×
tekid
back to top