sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
Jumat, 08 Jan 2021 13:21 WIB

OmniVision rilis sensor kamera 40 MP, janjikan performa baik di cahaya minim

Selain dapat menangkap gambar diam hingga 40 MP pada 30 fps, sensor ini juga dapat menggunakan pixel-binning untuk menangkap gambar diam 10 MP pada 120 fps.

OmniVision rilis sensor kamera 40 MP, janjikan performa baik di cahaya minim

Pabrikan sensor kamera asal Taiwan OmniVision baru saja mengumumkan detail seputar OV40A, yang merupakan sensor beresolusi 40 MP untuk dipasangkan dengan ponsel generasi terbaru. Sensor gambar yang berukuran 1/1,7 inci tersebut dibangun dengan basis teknologi PureCel Plus eksklusif dari OmniVision.

Dilansir dari DPReview (8/1), sensor ini memiliki ukuran piksel 1 mikron dan menawarkan teknologi penghilang noise untuk performa kamera kamera minim cahaya terbaik di kelasnya. OmniVison mengatakan bahwa sensor OV40A menawarkan beberapa opsi high dynamic range (HDR) untuk foto dan video, serta perekaman video gerak lambat hingga 240 fps dengan phase detection autofocus (PDAF).

Seperti sensor beresolusi 32 MP OmniVision yang baru-baru ini dirilis, OV40A menggunakan sekumpulan filter warna 4 sel dan hardware remosaic. Selain dapat menangkap gambar diam 40 MP pada 30 fps, sensor ini juga dapat menggunakan pixel-binning untuk menangkap gambar diam 10 MP pada 120 fps untuk meningkatkan performa pada kondisi cahaya rendah. Dari sisi video, OV40A dapat merekam video 4K hingga 60 fps dan video Full HD hingga 240 fps, semuanya dengan kelengkapan PDAF.

“Ini mendukung super high-gain hingga hingga 256x, dan terintegrasi dengan fungsi multi-sampling de-noise untuk meningkatkan performa cahaya rendah. Sensor ini juga menawarkan HDR yang sangat baik melalui perolehan konversi selektif untuk keseimbangan optimal antara kualitas gambar di minim cahaya dan HDR”, kata OmniVision.

Belum ada kabar mengenai produsen ponsel mana yang dapat menggunakan sensor OV40A dari OmniVision. Sensor OmniVision sendiri biasanya digunakan di perangkat kelas menengah ke bawah, karena biayanya lebih rendah dibandingkan dengan sensor dari Sony dan Samsung, tetapi sensor itu telah hadir di perangkat HTC dan Motorola di masa lalu.

Share
×
tekid
back to top