sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
Kamis, 09 Jan 2020 10:30 WIB

Sensor OmniVision OV48C untuk smartphone, diklaim saingi Samsung 108MP

Pihak OmniVision mengklaim bahwa modul sensor OV48C ini akan dapat bersaing dengan sensor 108MP Samsung, terutama di sektor pengambilan gambar low light.

Sensor OmniVision OV48C untuk smartphone, diklaim saingi Samsung 108MP
Wccftech

Saat ini, pasar kamera smartphone dikuasai oleh dua perusahaan besar, yakni Samsung dan Sony. Keduanya pun sedang bersaing untuk menarik perhatian para vendor dengan berbagai inovasi.

Samsung contohnya, saat ini sudah memiliki sebuah sensor dengan resolusi 108MP, yang sekarang dipakai oleh Xiaomi Mi Note 10 Pro. Mereka menjanjikan kualitas foto yang sangat baik, bahkan diklaim dapat bersaing dengan kamera DSLR atau Mirrorless.

Namun, dalam ajang CES 2020 ini, sebuah perusahaan bernama OmniVision Technologies baru saja memperkenalkan sensor 48MP terbaru mereka yakni OV48C. Plot twist-nya adalah, mereka mengklaim bahwa kemampuan sensor ini akan dapat bersaing dengan sensor 108MP Samsung.

OmniVision menyebut sensor ini memiliki ukuran pixel 1,2μm yang besar, yang secara teoritis akan memungkinkannya untuk menawarkan kinerja cahaya rendah yang hebat karena akan dapat menangkap lebih banyak cahaya.

Modul baru OmniVision juga dilengkapi dengan teknologi PureCel Plus internal yang mengurangi noise lebih baik dan memungkinkan dynamic range yang lebih tinggi. Sensor 1 / 1.3 juga memiliki susunan filter warna 4-sel dan perangkat keras yang tertanam, memungkinkannya menghasilkan gambar 48MP berkualitas tinggi dan video 8K.

Wccftech (9/1/2020) melaporkan, dalam lingkungan yang redup, teknologi pixel binning akan digunakan untuk menghasilkan gambar 12MP dan kinerja yang setara dengan sensor 2,4μm. Unit ini juga dapat merekam video gerak lambat 1080p pada 240FPS, dan 720p pada 360FPS.

Untuk dukungan fokus otomatis cepat, OV48C menggunakan deteksi fase HalfC Shield 4C. Sensor ini juga dilengkapi HDR gain konversi ganda on-chip yang memungkinkannya menghilangkan artefak gerakan, dan dengan demikian mengurangi noise. 

OV48C juga memiliki fitur opsi HDR dengan kombinasi on-chip, sehingga metode HDR terbaik untuk adegan tertentu dapat dipilih. Sayangnya, hingga saat ini masih belum diketahui kapan mereka akan merilis modul tersebut ke pasaran.

Share
×
tekid
back to top