Olympus, punya kamera yang cocok untuk fotografer olahraga

Sensor gambar yang diusungnya dipadukan dengan prosesor TruePic VIII diklaim memiliki aneka fitur baru dan performa cepat.

Olympus, punya kamera yang cocok untuk fotografer olahraga

Bulan lalu sudah ada bocoran bahwa Olympus menyiapkan kamera mirrorless flagship terbaru. Kini banjir rumor tersebut telah terkuak karena mereka baru saja mengenalkan kamera profesional dengan model OM-D E-M1X. Sepertinya Olympus belum mau ikut-ikutan ke kancah full-frame. Dilansir dari The Verge (24/1), kamera Micro Four Thirds (MFT) ini memilliki resolusi 20,4 MP.

Sensor gambar yang diusungnya berpadu dengan prosesor TruePic VIII yang diklaim memiliki aneka fitur baru dan performa cepat. Agar hasil foto yang dipotret terlihat stabil, Olympus menjejalkan E-M1X dengan stabilisasi gambar yang lebih baik lagi.


BACA JUGA

Lensa Nikkor Z 24-70mm f/2.8 S diklaim punya sistem AF cepat

Fujifilm X-T30 bisa rekam video 4K DCI

Sesuai rumor, Canon EOS RP hadir saat Valentine


Dalam hal performa autofocus, kamera ini mengantungi 121 titik fokus seperti E-M1 Mark II. Dalam hal kecepatan continuous shooting, E-M1X menjanjikan gambar hingga 60 fps dengan AF/AE tetap. Sedangkan kecepatan continuous jika AF/AE aktif adalah 18 fps. Oleh karena itu sangat cocok untuk memotret momen olahraga atau yang lainnya.

Perbedaan desain dibandingkan dengan pendahulunya adalah grip vertikal yang baru agar lebih mudah memotret dalam orientasi landscape atau portrait. Olympus secara khusus telah merancang tata letak tombol agar lebih mudah menggunakan kamera pada kedua orientasi tersebut.

Mengutip halaman resmi DP Review (24/1), fotografer dapat membidik subjek lewat EVF dengan resolusi 2,36 juta dot dan layar LCD sentuh berlayar 3 inci. Ada dua slot kartu SD di E-M1X, keduanya mendukung UHS-II agar. Kamera tersebut juga terintegrasi GPS dan kompas, serta sensor tekanan udara, suhu dan akselerasi.

Sistem Intelligent Subject Detection yang ada di dalam kamera diklaim mampu mendeteksi dan mengikuti subjek seperti mobil balap, pesawat terbang dan sebagainya. E-M1X menawarkan mode High Res Shot seperti E-M II yang mengkreasi gambar beresolusi 80 MP dengan sistem pergeseran sensor. Selain itu, kamera ini dilengkapi mode handheld agar menghindari gangguan blur ketika memotret tanpa tripod di dalam kondisi cahaya remang. Fitur baru lainnya adalah Live ND, yang mensimulasikan efek filter dengan mengombinasikan beberapa eksposur. Ada pula mode Pro Capture, yang menyimpan buffer hingga 35 frame sebelum kamu menekan tombol shutter sepenuhnya.

Dalam hal video, E-M1X mampu merekam 4K DCI (4.096 x 2.160 piksel) pada 24p, 4K UHD (3.840 x 2.160 piksel) pada 30p. Tersedia pula perekaman frame rate 60 fps dalam resolusi Full-HD. Spesifikasi ini sudah terbilang bagus, tetapi tidak istimewa. Harga yang ditawarkan untuk kamera ini adalah USD2.999 (Rp42,2 juta).

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: