sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Selasa, 06 Okt 2020 09:42 WIB

NVIDIA umumkan kehadiran Quadro RTX A6000 dan A40

Baik Quadro RTX A6000 maupun A40 akan memiliki kekuatan komputasi melakukan rendering animasi dengan ray tracing, AI, dan lainnya sekitar 2 kali lebih kencang dari pendahulunya.

NVIDIA umumkan kehadiran Quadro RTX A6000 dan A40
NVIDIA RTX A6000

NVIDIA baru saja meluncurkan jajaran GPU RTX 3000 series untuk para gamer di seluruh dunia. Namun, dikarenakan keterbatasan slot yang ada, masih banyak gamer yang masih belum dapat membeli RTX 3080 dan RTX 3090.

Belum selesai masalah tersebut, mereka pun mempersiapkan jajaran GPU baru yang didasarkan dari arsitektur Ampere. Kali ini mereka memperkenalkan jajaran Quadro RTX A6000 dan RTX A40 ke pasaran.

Kedua GPU ini secara khusus dibuat untuk mengurus beban kerja komputasi visual yang berorientasi pada pusat data seperti rendering, AI/VR, dan aplikasi pembuatan konten/penelitian ilmiah lainnya.

Wccftech (6/10) melaporkan, NVIDIA menyatakan peningkatan kinerja dengan kartu Quadro RTX baru dapat memiliki peningkatan hingga 2 kali dalam adegan ray tracing yang memungkinkan adegan dan kreasi film yang lebih cepat & lebih imersif bagi pembuat film.

Bahkan pembuat alat visual seperti Luxion telah melihat kinerja hingga 3 kali lebih cepat dalam alat visualisasi KeyShot mereka yang melonjak dari 34,7 FPS (Quadro RTX 6000) menjadi 88,9 FPS menggunakan Quadro RTX A6000.

Kedua GPU ini akan memiliki besaran VRAM yang sangat besar. Para pengguna dapat membeli RTX Quadro berbasis Ampere dengan VRAM hingga 48 GB, dan dapat ditingkatkan hingga 96 GB dengan menggunakan NVLink.

Ada juga dukungan untuk PCIe Gen 4. Seperti diketahui, PCIe Gen 4 memiliki kecepatan dua kali lipat jika dibandingkan dengan pendahulunya.

Mengenai spesifikasinya, Quadro RTX A6000 dan A40 memiliki banyak kesamaan. Perbedaan utamanya terletak pada kecepatan clock dan konfigurasi memori. Kedua kartu ini didukung oleh inti GPU GA102 dengan 84 SM atau 10752 inti CUDA.

Sayang, hingga saat ini masih belum diketahui kapan kedua GPU ini akan diluncurkan. Kabarnya, OEM baru akan meluncurkan GPU ini pertengahan Desember mendatang. Begitu juga dengan harganya yang hingga saat ini masih belum diketahui.

Tag
Share
×
tekid
back to top