sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Rabu, 01 Des 2021 11:55 WIB

NVIDIA tunjuk TSMC untuk chipset GPU generasi berikutnya

Dalam sebuah bocoran, diketahui bahwa NVIDIA mempercayakan pembuatan chipset generasi terbaru mereka ke TSMC.

NVIDIA tunjuk TSMC untuk chipset GPU generasi berikutnya

NVIDIA dikabarkan akan memperkenalkan dua arsitektur GPU baru mereka dalam waktu dekat ini. Diketahui, mereka akan memperkenalkan kedua arsitektur tersebut sebagai Ada Lovelace dan Hopper.

Perusahaan yang khas dengan logo hijau ini mempercayakan pembuatan kedua chipset tersebut ke TSMC. Mereka akan menggunakan teknologi fabrikasi N5 milik TSMC.

Untuk arsitektur Ada Lovelace, NVIDIA disebut akan digunakan untuk GPU berbasis GeForce. Sedangkan arsitektur Hopper akan digunakan untuk GPU berbasis data center.

Seperti diketahui, NVIDIA saat ini menggunakan teknologi fabrikasi 8LPP milik samsung untuk membuat GPU GeForce RTX 30 series berbasis Ampere dan N7 TSMC untuk memproduksi GPU data center GA100.

Dilansir dari Tom’s Hardware (1/12), GPU Hopper H100 Nvidia diharapkan menjadi GPU komputasi multi-die pertama milik mereka. Teknologi ini dipakai untuk memaksimalkan kinerja per soket.

GPU multi-die diproyeksikan akan dipasangkan dengan memori HBM dan akan menggunakan teknologi pengemasan chip-on-wafer-on-substrat (CoWoS) TSMC.
Sebaliknya, GPU Nvidia GeForce RTX 40-series Ada Lovelace akan menggunakan memori tradisional dan kemasan FC-BGA.

Namun, hingga berita ini dibuat, NVIDIA masih belum memberikan informasi mengenai kehadiran kedua GPU tersebut. Beberapa pihak percaya NVIDIA akan meluncurkan beberapa GPU berbasis Ampere setidaknya hingga satu tahun kedepan.

Tag
Share
×
tekid
back to top