sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
Senin, 14 Sep 2020 11:06 WIB

NVIDIA siap selesaikan akuisisi Arm

Dalam sebuah postingan blog terbaru, pendiri dan CEO NVIDIA, Jensen Huang mengungkapkan kesiapan mereka untuk menyelesaikan akuisisi Arm dari Softbank.

NVIDIA siap selesaikan akuisisi Arm
Arm & NVIDIA

NVIDIA semakin dekat dalam mengambil alih Arm Limited dari SBG dan SoftBank Vision Fund. Akuisisi ini akan melebarkan sayap NVIDIA tidak hanya dalam membuat GPU saja, namun juga di lini kecerdasan buatan alias AI.

Namun, NVIDIA dikabarkan tidak akan sepenuhnya akan memiliki saham Arm. Softbank dan SBG akan memiliki saham maksimal 10 persen.

Selain itu, pendiri dan CEO NVIDIA Jensen Huang mengatakan bahwa mereka akan memfokuskan diri untuk mengembangkan bidang AI, yang nantinya akan dapat diintegrasikan dengan perangkat yang menggunakan Arm. 

“AI adalah kekuatan teknologi paling kuat di zaman kita dan telah meluncurkan gelombang baru komputasi. Di tahun-tahun mendatang, triliunan komputer yang menjalankan AI akan menciptakan internet-of-things baru yang ribuan kali lebih besar daripada internet-of-people saat ini,” kata Jensen.

“Kombinasi kami akan menciptakan perusahaan yang diposisikan secara luar biasa untuk era AI.”

Jensen juga mengatakan, NVIDIA dan Arm berkomitmen akan memajukan komputasi dari cloud, smartphone, PC, mobil dan robotika otonom, hingga edge IoT, dan memperluas komputasi AI.

“Kombinasi ini memiliki manfaat luar biasa bagi perusahaan, pelanggan kami, dan industri. Untuk ekosistem Arm, kombinasi tersebut akan meningkatkan kapasitas R&D Arm dan memperluas portofolio IP-nya dengan teknologi GPU dan AI NVIDIA yang terdepan di dunia,” paparnya.

Ketua dan CEO SBG Masayoshi Son menyebut bahwa NVIDIA akan dapat membawa Arm untuk menjadi perusahaan yang lebih baik lagi.

“NVIDIA adalah mitra yang sempurna untuk Arm. Ini adalah kombinasi menarik yang memproyeksikan Arm, Cambridge, dan Inggris ke garis depan dari beberapa inovasi teknologi paling menarik di zaman kita,” kata Masayoshi.

Sedangkan CEO Arm, Simon Segars mengatakan bahwa dengan diakuisisinya Arm oleh NVIDIA, mereka akan meningkatkan kemampuan dari SoC Arm dan perangkat yang menggunakan SoC mereka.

“Mewujudkan visi ini membutuhkan pendekatan baru pada perangkat keras dan perangkat lunak serta komitmen jangka panjang untuk penelitian dan pengembangan. Dengan menyatukan kekuatan teknis dari kedua perusahaan kami, kami akan membuat dunia lebih baik,” kata Simon.

NVIDIA harus keluarkan uang ekstra

Namun, untuk melakukan akuisisi Arm ini, NVIDIA harus merogoh kocek yang cukup dalam. Mereka mengatakan bahwa mereka harus mengeluarkan USD21,5 miliar atau Rp317 dalam bentuk saham NVIDIA kepada Softbank untuk mengakuisisi Arm.

Tak ketinggalan, mereka juga harus memberikan USD12 miliar atau Rp177 triliun dalam bentuk tunai, yang mencakup USD2 miliar atau Rp29,5 triliun dibayar saat penandatanganan. Jumlah saham NVIDIA yang akan diterbitkan pada saat penutupan adalah 44,3 juta, ditentukan dengan menggunakan harga penutupan rata-rata saham biasa NVIDIA selama 30 hari perdagangan terakhir.

Selain itu, SoftBank dapat menerima hingga USD5 miliar atau sekitar Rp73,7 dalam bentuk tunai atau saham biasa di bawah konstruksi pendapatan, tunduk pada kepuasan target kinerja keuangan tertentu oleh Arm.

Tag
Share
×
tekid
back to top