sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id synologi
Minggu, 24 Mei 2020 13:45 WIB

NVIDIA GameGAN AI berhasil buat replikasi gim Pac-Man

AI milik NVIDIA, yakni GameGAN AI berhasil membuat replikasi gim Pac-Man setelah hanya bermain selama 4 hari.

NVIDIA GameGAN AI berhasil buat replikasi gim Pac-Man

Artificial Intelligence saat ini sudah mencapai tahap yang cukup mengagumkan. Beberapa AI sudah dapat bersaing dengan pemain gim pro, atau bahkan cukup pintar untuk membuat cerita pendek atau lagu mereka sendiri.

Salah satu AI yang saat ini menjadi perbincangan adalah GameGAN AI. AI ini merupakan AI yang dikembangkan oleh NVIDIA selama beberapa tahun terakhir. Dikabarkan, AI ini memiliki kemampuan yang cukup mengagumkan.

Baru-baru ini, NVIDIA mengatakan bahwa GameGAN AI dapat membuat gim legendaris Pac-Man. Seperti diketahui, Pac-Man resmi dirilis di platform arcade pada 22 Mei 1980. Gim ini memerlukan pengembangan selama 17 bulan mulai dari merancang, membuat kode, hingga selesai.

Nah, di ulang tahun Pac-Man yang ke-40, GameGAN AI dikabarkan dapat mereplikasi kode gim tersebut dalam waktu beberapa hari saja. Padahal, NVIDIA hanya memberikan waktu 4 hari untuk AI tersebut belajar tentang gim tersebut, seperti dilaporkan Engadget (24/5/2020).

"Ada banyak AI yang dibuat dalam beberapa tahun terakhir, yang dapat memainkan game, mereka adalah agen di dalam game ini,"kata VP teknologi simulasi NVIDIA, Rev Lebaredian. "Tapi ini GAN pertama yang telah dibuat yang benar-benar dapat mereproduksi game itu sendiri sebagai kotak hitam."  

Seperti dalam penjelasan mereka, GameGAN AI hanya dibekali pengetahuan bagaimana cara bermain gim tersebut. Tidak ada sama sekali bagian dimana NVIDIA mengajarkan bagaimana cara membuat gim.

"Kami akhirnya dapat memiliki AI yang dapat belajar meniru aturan mengemudi, hukum fisika, hanya dengan menonton video dan melihat agen mengambil tindakan dalam suatu lingkungan," kata direktur laboratorium riset Toronto NVIDIA, Sanja Fidler. "GameGAN adalah langkah pertama menuju itu." 

Bagi kalian yang penasaran dengan gim Pac-Man buatan GameGAN AI, NVIDIA akan merilis gim tersebut yang dapat dimainkan baik oleh manusia dan CPU ketika perusahaan merilisnya secara online akhir musim panas ini.

Tag
Share
×
img
×
tekid
back to top