Nokia jadi vendor yang sering paksa aplikasi Android berhenti bekerja

Para vendor melakukan hal tersebut untuk memberikan smartphone mereka waktu pemakaian yang lebih panjang.

Nokia jadi vendor yang sering paksa aplikasi Android berhenti bekerja Nokia 7 Plus (Android Police)

Salah satu permasalahan para pengguna smartphone saat ini adalah masa pakai yang cukup singkat. Meski para vendor telah menyematkan baterai berukuran besar, namun tetap terasa kurang bagi pengguna. Maka dari itu, para vendor pun mencari cara untuk membuat perangkat mereka dapat bertahan lebih lama. Salah satunya adalah dengan menghentikan aplikasi yang berjalan di belakang layar menggunakan aplikasi tertentu.

Baru-baru ini, sebuah situs bernama DontKillMyApp telah merilis vendor yang ketahuan melakukan hal tersebut. Dan ternyata, yang paling parah melakukan hal tersebut adalah smartphone Nokia.


BACA JUGA

iQOO beberkan spesifikasi smartphone perdananya

TCL siapkan 5 smartphone dan tablet lipat di 2020

Samsung terancam akan kehilangan tahta sebagai raja smartphone


Android Authority (18/1/2019) mengatakan, smartphone Nokia yang menjalankan sistem operasi Android Oreo atau Pie secara otomatis mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang. Waktunya terbilang singkat, hanya 20 menit setelah layar dimatikan. Parahnya, memasukkan aplikasi ke daftar ‘whitelist’ tidak akan membuat aplikasi tersebut berhenti melakukan tugasnya.

Diketahui, Nokia menggunakan beberapa paket aplikasi penghemat daya sekaligus, yang dibenamkan dalam sistem operasi mereka, yang disebut dengan Battery Shield. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan menutup secara paksa aplikasi tersebut.

Selanjutnya adalah OnePlus, diikuti oleh Xiaomi, Huawei, Meizu, dan Sony. Kelima vendor ini menargetkan beberapa aplikasi yang mereka anggap memakan banyak baterai, dan menonaktifkannya jika tidak dipakai dalam waktu yang cukup panjang.

Samsung, HTC, dan perangkat stock Android, seperti Google Pixel dan lainnya adalah vendor yang paling jarang melakukan hal tersebut. Mereka membiarkan pengguna untuk memilih aplikasi mana saja yang ingin mereka tutup, meski pada akhirnya perangkat akan menutup aplikasi jika tidak dipakai dalam waktu yang sangat panjang.

Oh iya, jika Anda ingin mengakali hal tersebut, Anda bisa mengunjungi situs DontKillMyApp dan mengklik menu sesuai dengan perangkat yang Anda gunakan.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: