sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Senin, 15 Feb 2021 16:40 WIB

Nissan sangkal kerja sama dengan Apple terkait mobil otonom

Nissan dikabarkan sedang melakukan diskusi dengan Apple untuk kerja sama terkait mobil otonom, tapi perusahaan langsung menyangkal.

Nissan sangkal kerja sama dengan Apple terkait mobil otonom
Source: Autocar India

Nissan baru saja mengeluarkan pernyataan yang menyangkal pihaknya saat ini sedang dalam diskusi dengan Apple terkait proyek mobil otonom. Pernyataan ini keluar setelah sebuah media melaporkan perusahaan tersebut sedang melakukan pembicaraan dengan Apple tentang kemungkinan kemitraan.

“Kami tidak dalam pembicaraan dengan Apple,” kata juru bicara Nissan kepada Reuters yang dikutip melalui The Verge (15/2). “Namun, Nissan selalu terbuka untuk menjajaki kolaborasi dan kemitraan untuk mempercepat transformasi industri.”

Pernyataan tersebut tidak membahas apakah pembicaraan itu pernah terjadi atau tidak, yang berarti laporan dari Financial Times tidak sepenuhnya disangkal. Laporan tersebut mengatakan kontaknya singkat dan diskusi tidak berlanjut ke tingkat manajemen senior setelah perbedaan pendapat terkait branding. Apple meminta Nissan agar memproduksi mobil dengan membawa merek Apple.

COO Nissan Ashawani Gupta mengatakan, “Kami memiliki kepuasan pelanggan kami sendiri, lewat mobil. Tidak mungkin kami akan mengubah cara kami membuat mobil. Cara kami mendesain, cara kemi mengembangkan, dan cara kami memproduksi adalah seperti pabrikan otomotif, seperti Nissan.” Ia juga menegaskan kalau pembicaraan sekarang tidak sedang terjadi, namun juga tidak mengonfirmasi apakah pernah melakukannya.

Ini menjadi kali kedua perusahaan otomotif mengelak terkait kolaborasi dengan Apple. Sebelumnya, Hyundai mangonfirmasi diskusi mereka dengan Apple sudah selesai tanpa ada kesepakatan akhir. Ini menandakan kedua perusahaan tidak akan melakukan kolaborasi apapun dalam hal pembuatan kendaraan otonom. Padahal, analis Ming-chi Kuo yakin Apple Car pertama akan dibuat di atas platform E-GMP Hyundai dan dikirim paling cepat pada 2025 mendatang.

Share
×
tekid
back to top