sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Kamis, 06 Okt 2022 18:14 WIB

Nintendo Switch kuasai pasar konsol Jepang

Nintendo Switch diinformasikan berhasil mendominasi pasar konsol Jepang, hampir 500 ribu unit terjual hanya pada bulan September saja.

Nintendo Switch kuasai pasar konsol Jepang

Bisa dibilang pasar konsol gim tidak memiliki banyak pesaing seperti pasar ponsel, dengan Nintendo, Microsoft, dan Sony mendominasi segmen tersebut. Dan sekarang, sebuah laporan baru menunjukkan bahwa Switch sejauh ini merupakan salah satu konsol paling populer di pasar Jepang.

Menurut laporan HKET, perusahaan gim dan pembuat konsol asal Jepang tersebut menjual sebanyak 495.000 unit model Switch-nya di pasar Jepang selama bulan September 2022. Ini menandai kenaikan signifikan 131% year-on-year (YoY). Selain itu, dilansir dari Gizmochina (6/10), hal tersebut juga menandai bulan ketiga berturut-turut Nintendo menjual lebih dari 300.000 unit konsol Switch dan menandai 55 bulan berturut-turut mendominasi konsol gim Jepang.

Sebagai gambaran, model seri Sony PlayStation 5 mengalami penurunan penjualan sebesar 17% selama periode yang sama. Perusahaan tersebut hanya berhasil mengalami penjualan senilai 64.000 unit, dan tampaknya penjualan PS5 mungkin terpengaruh oleh kenaikan harga baru-baru ini. Di Jepang, Sony telah menaikkan harga PS5-nya, dengan versi optical drive sekarang seharga 60.478 yen (Rp6,4 juta), sedangkan versi digital memiliki label harga 49.478 yen (Rp5,2 juta).

Di sisi lain, baik Nintendo dan Microsoft telah menyatakan bahwa mereka tidak memiliki rencana untuk menaikkan harga konsolnya. Menariknya, penjualan Switch pada kuartal ketiga tahun ini telah meningkat 36% YoY. Sementara itu, Xbox Series X dan Series S juga mengalami peningkatan penjualan sebesar 167% YoY dan bahkan PS5 mengalami peningkatan keseluruhan sebesar 18% YoY di kuartal ketiga.

Share
×
tekid
back to top