Nintendo Switch dapat prosesor baru, bisa main 2 jam lebih lama

Diketahui, Nintendo Switch refresh mendapatkan pembaruan prosesor Nvidia Tegra 16nm dan menjanjikan pengalaman gaming 2 jam lebih lama.

Nintendo Switch dapat prosesor baru, bisa main 2 jam lebih lama Nintendo Switch (DBrand)

Nintendo baru saja meluncurkan versi refresh dari perangkat Switch mereka. Kali ini, mereka menyematkan beberapa pembaruan yang membuat pengguna semakin ingin bermain konsol tersebut dalam waktu yang lebih lama.

Yang pertama adalah pembaruan dari sisi prosesor. Nintendo menggunakan prosesor Tegra milik Nvidia generasi selanjutnya. Bukan sebuah arsitektur baru, namun Nvidia berhasil mengecilkan die dari Tegra, yang semula 20nm kini menjadi 16nm.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Begini gambar paten Nintendo Switch VR yang akan datang

Nintendo akan sematkan engsel pada kontroler Switch

Nintendo bakal punya pengalaman baru untuk Switch


Salah satu YouTuber teknologi, Austin Evans telah mendapatkan perangkat Switch baru tersebut. Dia mengatakan, cara membedakan Switch baru dari yang lama adalah kodenya. Switch lama akan memiliki kode HAC-001, sedangkan yang baru adalah HAC-001-01.

Dia mengatakan, model terbaru dari Switch ini akan memiliki daya tahan baterai 2 jam lebih lama jika dibandingkan dengan pendahulunya. Uniknya, baterai yang disematkan di kedua perangkat memiliki besaran yang sama.

Hal ini dikarenakan peningkatan teknologi fabrikasi dari 20nm ke 16nm memberikan prosesor daya yang lebih rendah, namun dengan kemampuan yang lebih tinggi. Prosesor tersebut juga akan mendapatkan suhu yang lebih baik jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Evans juga melakukan pengetesan seberapa akurat klaim dari Nintendo dalam ketahanan baterai. Ternyata, dari hasil yang dia dapatkan, klaim dari Nintendo tersebut bisa dianggap sangat akurat.

Untuk Switch model lama, saat dilakukan pengetesan bermain gim Super Mario Odyssey, hanya mampu bertahan selama 2 jam 41 menit. Sedangkan untuk Switch model terbaru bisa bertahan selama 4 jam 31 menit.

Yang paling menarik adalah perangkat Switch refresh akan memiliki harga yang sama dengan Switch original, yakni di angka Rp3,8 juta-an. Tentu saja, jika Anda ingin membeli Switch, lebih baik membeli Switch refresh.

Seperti yang diketahui, untuk sementara ini Nintendo mengaku tidak akan meluncurkan varian Switch baru pada tahun ini selain Switch Lite. Konsol handheld tersebut diketahui tidak akan memiliki JoyCon yang dapat dilepas, serta tidak mendapatkan dukungan dock seperti di Switch standar.

Meski begitu, prosesor yang digunakan adalah prosesor Nvidia Tegra generasi terbaru. Jadi, meski memiliki baterai yang lebih kecil, namun Switch Lite masih akan memiliki kemampuan bermain gim rata-rata yang sama dengan Switch original.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: