Netgear dan Synology punya produk IoT baru

Produk baru Netgear dan Synology kali ini difokuskan ke ranah Smart Home

Netgear dan Synology punya produk IoT baru

Hadirnya tren Internet of Things (IoT) menjadikan kemutakhiran teknologi Smart Home yang bakal memanjakan kehidupan masyarakat. Dukungan perangkat teknologi jaringan yang cepat, stabil, dan responsif menjadi syarat wajib untuk mewajudkannya. 

Teknologi smart home menjadikan segala aktivitas rumah lebih praktis karena perangkat yang sudah mendukung dapat diintegrasikan dan dikendalikan dengan sentuhan jari melalui berbagai perangkat seperti smartphone dan tablet. Anda bisa menyalakan lampu, mengatur suhu ruangan, hingga memanaskan air dari sofa atau tempat tidur, bahkan saat tidak di rumah.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Telkomsel terapkan solusi IoT di truk tangki Pertamina

Alibaba klaim prosesor barunya paling kuat

MediaTek perkenalkan i700, platform AI baru untuk IoT


Dengan demikian, PT. Integra Global Solusi (IGS), selaku distributor brand Netgear dan Synology, melalui beragam produk nirkabel terbarunya, menawarkan konsep yang menunjang Smart Home untuk memenuhi gaya hidup masa kini.

Ada aneka produk yang diluncurkan hari ini untuk mendukung teknologi tersebut, salah satunya adalah Netgear Nighthawk X4 (AC2200) Dual Band WiFi Extender (EX7300) yang memiliki penempatan fleksibel. Nighthawk X4 dilengkapi teknologi MU-MIMO dan diklaim dapat melakukan streaming hingga kecepatan 7 kali lebih tinggi dibandingkan dengan perangkat Wi-Fi konvensional. 

Teknologi Fast Lane juga diklaim mampu mengoptimalkan performa dengan menggunakan kedua band Wi-Fi Amplifier berdaya tinggi secara bersamaan. Netgear EX7300 dilengkapi Wi-Fi Analytic App yang dapat dipasang di perangkat Android. Aplikasi ini menunjukkan status jaringan, kekuatan sinyal Wi-Fi, mengidentifikasi saluran Wi-Fi  yang terlalu padat, dan mencari saluran yang lebih minim gangguan.

Selain itu, Netgear juga mengenalkan teknologi Mesh Wi-Fi System demi melayani pelanggan yang selalu menginginkan jangkauan Wi-Fi yang lebih baik untuk menjelajah setiap sudut rumah. Produk tersebut diberi nama Orbi. Netgear mengkalim produk ini sangat cocok untuk berbagai jenis lingkungan tempat tinggal, mulai dari apartemen, rumah tingkat, rumah tinggal biasa, hingga rumah dengan perkarangan yang luas. 

Tri-band Wi-Fi System menyalurkan Wi-Fi dengan total kecepatan hingga 2200 Mbps. Berbeda dengan extender konvensional, Orbi menggunakan satu nama jaringan (SSID) untuk keseluruhan jaringan sehingga pengguna tidak perlu repot untuk mengganti nama jaringan setiap berpindah ruangan.

Meski saya belum memiliki anak, namun di antara beragam perangkat jaringan yang dikenalkan IGS hari ini, Arlo Baby menjadi pusat perhatian saya. Pasalnya, kamera pengintai tersebut dirancang untuk memantau balita yang dirancang dengan desain unik dan aman. Produk ini dikatakan dapat memonitor balita sehingga orang tua dapat menjaga buah hati tetap aman dan nyaman. Semua pemantauan dapat dilakukan melalui smartphone.

Arlo Baby mampu mendeteksi suara tangisan anak, lalau secara otomatis memutar lagu mengantar tidur yang dapat dipilih melalui aplikasi via smartphone. Ada juga integrasi lampu malam warna-warni yang dapat menerangi kamar bayi menggunakan cahaya yang aman. Dengan baterai isi ulang yang dpaat dilepas, memungkinkan para orang tua memindahkan kamera di sekitar rumah saat dibutuhkan. 

Arlo Baby juga dilengkapi sensor guna memantau kualitas udara, suhu, dan kelembapan yang dapat memberitahukan jika kamar anak dalam kondisi tidak ideal dengan fitur audio dua arah, orang tua dapat mendengarkan dan berbicara kepada anaknya langsung dari smartphone.

Di sisi lain, untuk kemudahan penyimpanan data, ada Netgear Readynas terbaru yaitu RN212, RN424, RN426, dan RN428. Synology juga menghadirkan aneka tipe baru seperti DS718+, DS218+, dan DS918+. NAS keluaran Synology dilengkapi pula dengan fitur Moment yang secara otomatis mendeteksi wajah dan mengelompokkan foto-foto kesayangan ke dalam beberapa kategori serupa.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: