MSI gelontorkan motherboard Z390 untuk segala segmen

Dengan demikian, kini para overclocker, gamer, pembuat konten, dan para profesional diklaim dapat lebih mudah ketika memilih motherboard.

MSI gelontorkan motherboard Z390 untuk segala segmen

Pada tanggal 19 Oktober mendatang, Intel diinformasikan akan meluncurkan prosesor Core generasi ke-9 terbaru mereka. Meski demikian, sudah ada beberapa pabrikan motherboard yang menawarkan dukungan terhadap prosesor anyar mendatang Intel. Salah satunya adalah pabrikan asal Micro-Star International (MSI).

Motherboard terbaru MSI yang mendukung basis chipset Intel Z390 diinformasikan memiliki nama berbeda berdasarkan dengan fitur segmen produk. Dengan demikian, kini para overclocker, gamer, pembuat konten, dan para profesional diklaim dapat lebih mudah ketika memilih motherboard. Platform Z390 dari MSI hadir dalam beberapa seri seperti MEG, MPG, MAG, dan Pro.


BACA JUGA

Asus pastikan dukungan prosesor Ryzen 3000 di beberapa motherboard

Rayakan ulang tahun AMD ke-50, Gigabyte luncurkan motherboard edisi spesial

Gigabyte resmi boyong Z390 Aorus Xtreme Waterforce 5G ke Indonesia


“Para konsumen tidak lepas dari kebutuhan dan keinginan, dan tentu saja kebutuhan setiap konsumen memiliki kebutuhan dan keinginan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kami memiliki 4 segmen motherboard Z390 series yang terdiri dari 3 segmen gaming dan 1 segmen profesional,” kata Products Manager Components Division MSI Indonesia, Sukma Paulus.

Dari seri MEG, ada MSI MEG Z390 Godlike yang diklaim mampu memberikan performa maksimal dengan kontrol presisi. Salah fitur yang hadir dalam motherboard flagship dari MSI tersebut adalah Dynamic Dashboard, yaitu panel OLED internal yang menampilkan Z390 Godlike dan mendukung penyesuaian kreatif para pengguna. Ada pula fitur lampu LED motherboard ciri khas MSI bernama Mystic Light Infinity yang menjadikan tampilan motherboard lebih indah.

MSI MEG Z390 ditujukan untuk para gamer antusias, jadi selain menghadirkan performa gaming yang unggulan, MEG Z390 juga dilengkapi dengan dukungan suara Xtreme Audio DAC, sebuah platform suara yang ditawarkan dari prosesor khusus audio Hi-Fi ALC1220, Audio DAC ESS dan tentu saja dengan amplifier khusus. Menggunakan motherboard model ini, Anda dapat mengatur skala penyimpanan dengan kartu M.2 XPANDER-Z dan dapat ditambahkan hingga lima SSD M.2 berkecepatan tinggi.

Motherboard selanjutnya adalah model MPG Z390 Gaming Pro Carbon. Sebelumnya, saya ingin memberi tahu bahwa tulisan ‘MPG’ berasal dari ‘MSI Performance Gaming”. MSI mengklaim Z390 Gaming Carbon mampu mempertahankan performa kecepatan tinggi dengan heatsink yang dibuat lebih besar. Berdasarkan slide presentasi di acara peluncuran, heatsink tersebut berukuran lebih besar 26 persen dibandingkan dengan produk sebelumnya. MSI mengklaim pengguna dapat menikmati kecepatan unduh hingga 1,7 Gbps dengan menyambungkan ke jaringan Wi-Fi terintegrasi Intel wireless-AC. Dari sisi audio, MPG Z390 Gaming Pro dilengkapi dengan Audio Boost 4, Nahimic 3, dan Voice Boost.

Dari seri MAG, ada motherboard MAG Z390 Tomahawk dan seri Pro ada motherboard MSI Z390-A Pro. Z390 Tomahawk dikatakan versi yang lebih terjangkau. Salah satu peningkat performa agar bermain gim lancar adalah heatsink yang disempurnakan. Tujuannnya adalah temperatur yang lebih optimal. Seperti yang kita tahu, suhu juga sangat berpengaruh kepada performa bermain gim. Sedangkan Z390-A Pro diklaim menggabungkan komponen minimalis dan berkualitas agar mendapatkan performa stabil. Karena hadir untuk solusi bisnis, motherboard ini akan cocok di PC apapun. Dengan demikian, menjadikan pekerjaan jauh lebih mudah dan stabil.

Sayangnya, pada peluncuran hari ini MSI belum mengemukakan harga resmi masing-masing motherboard. Perwakilan dari MSI hanya mengatakan “sangat kompetitif” ketika ditanya seputar harga. Satu lagi yang tidak kalah penting, meski hadir untuk platform Intel mendatang (Cannon Lake), motherboard Z390 masih mendukung prosesor Intel Coffee Lake.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: