sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Senin, 03 Jan 2022 15:13 WIB

Gara-gara hal sepele, motherboard baru ASUS rawan terbakar

Para pengguna motherboard ASUS Z690 Maximus Hero melaporkan motherboard mereka terbakar, ternyata permasalahannya sepele!

Gara-gara hal sepele, motherboard baru ASUS rawan terbakar

ASUS tampaknya sedang mengalami hal yang kurang baik di akhir tahun 2021. Sebab, cukup banyak pengguna motherboard untuk prosesor Intel generasi terbaru melaporkan bahwa motherboard mereka meledak.

Hal ini terjadi khususnya bagi para pengguna motherboard ASUS Z690 Maximus Hero. Ternyata, para pengguna mendengar sebuah suara letusan kecil sebelum membakar sebagian kecil motherboard mereka.

Karena banyak laporan dari para pengguna, seorang YouTuber bernama Buildzoid dari Actually Hardcore Overclocking pun melakukan investigasi. Mereka menemukan fakta yang cukup mengejutkan dari kejadian ini.

Mereka menemukan bahwa salah satu kapasitor yang digunakan pada motherboard tersebut ternyata terpasang dengan kurang akurat. Hal ini menyebabkan konsleting yang mengakibatkan motherboard pengguna mati.

Pihak ASUS sudah menanggapi kejadian ini. Mereka mengatakan bahwa setelah melakukan investigasi secara internal, mereka menemukan masalah yang sama seperti yang diungkapkan Buildzoid.

"Dalam penyelidikan kami yang sedang berlangsung, kami telah mengidentifikasi potensi masalah kapasitor memori terbalik dalam proses produksi dari salah satu jalur produksi yang dapat menyebabkan debug kesalahan kode 53, tidak ada posting, atau kerusakan komponen motherboard,” kata ASUS, seperti dikutip dari laman Ubergizmo (3/1).

Untungnya, pihak ASUS bertanggung jawab atas kejadian ini. Mereka mengatakan bahwa akan mengganti semua produk motherboard yang ada di tangan pengguna, terutama yang diproduksi pada tahun 2021 dengan nomor bagian 90MB18E0-MVAAY0 dan nomor seri dimulai dengan MA, MB, atau MC.

Share
×
tekid
back to top