sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Senin, 01 Nov 2021 12:06 WIB

Daftar motherboard gaming Intel Z690 terbaru ASUS

ASUS meluncurkan total sembilan motherboard gaming baru yang mendukung prosesor Intel 12th gen dengan chipset Z690.

Daftar motherboard gaming Intel Z690 terbaru ASUS

Baru-baru ini, ASUS mengumumkan akan segera meluncurkan jajaran motherboard baru. Jajaran motherboard baru ini akan mendukung prosesor Intel generasi ke-12 yang hadir melalui chipset Z690.

Untuk awal peluncuran ini, ASUS mempersiapkan total sembilan motherboard sekaligus. Seperti diketahui, jajaran motherboard Z690 akan memiliki dukungan RAM DDR5 dan DDR4, serta sudah mendukung PCIe Gen 5.

Motherboard pertama yang mereka perkenalkan adalah ROG Maximus Z690 Extreme. Ini merupakan motherboard kasta tertinggi untuk para gamer, yang hadir dengan dukungan DDR5, dilengkapi dengan tahapan daya 24+ dengan rating hingga 105 amp, choke paduan MicroFine dan kapasitor kelas premium yang didinginkan oleh heatsink berukuran besar.

Motherboard ini juga hadir dengan OptiMem III, serta dukungan WiFi 6E onboard, Ethernet 10 Gbps dan 2.5 Gbps, PCIe 5.0 M.2, konektor panel depan USB 3.2 Gen 2x2 dengan dukungan Thunderbolt 4 dan beberapa USB Port Type-C di panel I/O belakang. 

Motherboard kedua adalah ROG Maximus Z690 Extreme Glacial. Perangkat yang satu ini merupakan varian lain dari ROG Maximus Z690 Extreme, yang memiliki dukungan pendinginan air yang lebih baik.

Hadir juga dukungan layar LED AniMe Matrix ROG yang dapat disesuaikan untuk menampilkan teks yang dipersonalisasi, animasi, waktu dan tanggal, serta hal lain yang ingin ditampilkan oleh para pengguna.

ROG Maximus Z690 Apex menjadi motherboard ketiga di jajaran motherboard terbaru ASUS. Motherboard ini dikhususkan untuk para overclocker yang ingin menggunakan pendinginan nitrogen untuk mencoba memecahkan rekor.

Motherboard ini hadir dengan dua slot DIMM DDR5, yang memberikan integritas sinyal yang lebih baik dari konfigurasi standar. Pengguna akan dapat menggunakan modul memory hingga kecepatan 6600MHz. 

Motherboard ini juga dilengkapi switch Mode Lambat (slow mode), jumper mode LN, header sensor termal, dan delapan titik pengukuran ProbeIt untuk membantu mengelola setiap aspek overclocking yang dilakukan oleh pengguna.

Kemudian ada ROG Maximus Z690 Formula. Salah satu daya tarik utama motherboard ini adalah hadirnya warna putih Moonlight yang cukup banyak dicari builder untuk tema PC berwarna putih.

ROG Maximus Z690 Formula juga akan hadir dengan heatsink CrossChill EK III yang didesain bekerja sama dengan EK. Hadir juga tiga slot M.2 onboard dan dua lagi tersedia melalui kartu ROG Hyper M.2 yang disertakan dalam paket penjualan. 

Satu motherboard gaming lain yang diperkenalkan adalah ROG Maximus Z690 Hero. Salah satu keunggulan motherboard ini adalah hadirnya fitur Polymo terbaru. Layar LED ini menghiasi sampul I/O Hero dengan susunan cahaya dan warna yang menarik yang terdiri dari pola RGB yang dapat dikostumasi.

Untuk mereka yang memiliki budget lebih rendah, ada ROG Strix Z690-E Gaming WiFi. Motherboard ini menawarkan pendinginan yang cukup baik, bahkan slot PCIe 5.0 M.2 yang ada di motherboard ini juga mendapatkan heatpipe yang menyatu dengan pendingin VRM dan lainnya.

Bahkan dua slot M.2 onboard yang tersisa mendapatkan backplate selain heatsink yang telah dipasang sebelumnya untuk ditempatkan di atas SSD NVME. Dan jika diperlukan tambahan tempat penyimpanan, motherboard ini dilengkapi dengan kartu ROG Hyper M.2 yang berisi dua slot tambahan untuk drive PCIe 4.0.

Kemudian, ada ROG Strix Z690-F Gaming WiFi dan ROG Strix Z690-G Gaming WiFi. Untuk versi Z690-F merupakan versi ATX, sedangkan untuk Z690-G merupakan motherboard m-ATX.

Keduanya hadir dengan fitur serupa, dimana memiliki WiFi, M.2 Combo-Sink dan dukungan PCIe 5.0 M.2 bawaan, serta berbagai fitur lainnya yang akan memudahkan pengguna dalam keseharian mereka.

Sedangkan di keluarga Strix lainnya, ASUS juga menghadirkan ROG Strix Z690-A Gaming WiFi D4 serta ROG Strix Z690-I Gaming WiFi. Keduanya akan memiliki berbagai macam fitur yang berguna bagi para gamer, namun tetap menawarkan harga yang terjangkau.

Share
×
tekid
back to top