sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Selasa, 15 Feb 2022 12:30 WIB

Monitor Dell Alienware gunakan panel QD-OLED dari Samsung

Monitor gaming dari Alienware menggunakan panel QD-OLED yang menawarkan kecerahan dan efisiensi lebih baik.

Monitor Dell Alienware gunakan panel QD-OLED dari Samsung

Monitor Dell Alienware yang menggunakan teknologi Quantum dot OLED (QD-OLED) dari Samsung diprediksi akan tiba pada kuartal tiga 2022.Kabar ini didapat dari tweet resmi perusahaan, monitor ini akan dijual pada kisaran USD1.299 (Rp18,5 jutaaan). Dell pertama kali meluncurkan layar gaming 34 inci melengkung di CES yang menjanjikan kontras ultra-tinggi dari layar OLED dengan kecerahan, rentang warna, dan keseragaman yang ditingkatkan.

Memang, harga yang diusungnya tidak terlihat cukup murah. Namun monitor berteknologi OLED lainnya bisa jauh lebih mahal. Model LG UltraFine OLED 32 inci berharga USD3.999 (Rp57 juta), dan bahkan model UltraFine 27 inci berharga USD2.999 (Rp43 juta).

Model Alienware ini memiliki spesifikasi yang lebih dirancang untuk gamer daripada pembuat konten. Monitor itu memiliki resolusi 3.440 x 1.440 piksel, refresh rate 175 Hz, color gamut DCI-P3 99,3%, contrast ratio 1.000.000:1, dan kecerahan 250 nit dengan puncak 1.000 nit. Ia juga menawarkan HDR, sesuai dengan standar DisplayHDR True Black 400 minimum untuk layar OLED.

Dilansir dari Engadget (15/2), teknologi QD-OLED Samsung menggunakan dioda pemancar cahaya organik biru yang melewati titik-titik kuantum untuk menghasilkan warna merah dan hijau. Dibandingkan dengan OLED standar, yang menggunakan senyawa OLED biru dan kuning. Biru memiliki energi cahaya paling kuat, jadi QD-OLED secara teori menawarkan kecerahan dan efisiensi lebih baik. Keuntungan lainnya termasuk masa pakai yang lebih lama, sudut pandang yang lebih baik, dan potensi burn-in yang lebih minim. 

Share
×
tekid
back to top