Mobil listrik Toyota siap ramaikan gelaran Olimpiade

Tidak seperti pertandingan Olimpiade sebelumnya, di mana tiketnya tidak terjual, ada permintaan tinggi untuk pertandingan di Tokyo, sehingga akan banyak pengunjung.

Mobil listrik Toyota siap ramaikan gelaran Olimpiade Source: Toyota via Engadget

Kendaraan khusus Olimpiade dan Paralympic Games 2020 di Tokyo bakal ditenagai oleh listrik serta dukungan Toyota. Salah satu pabrikan otomotif ternama itu mengenalkan apa yang disebut dengan Accessible People Mover (APM), kendaraan listrik yang dirancang khusus untuk acara musim panas mendatang.

Dilansir dari Engadget (18/7), kendaraan listrik tiga baris terbuka ini diinformasikan mampu mencapai kecepatan hingga 20 km/jam dan dapat mengakomodasi hingga lima penumpang. Setiap mobil ditenagai oleh baterai lithium-ion dan dapat menempuh 100 km untuk sekali pengisian daya. APM akan diproduksi sebanyak 200 buah dan akan digunakan untuk mengangkut orang ke berbagai kompetisi dan Olympic Village.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Toyota desain ulang Mirai demi saingi Tesla

Boeing dan Porsche kembangkan mobil listrik terbang

Dyson tidak jadi bikin mobil listrik


Tentu saja Toyota tidak memproduksi APM secara massal. Kendaraan terbuka ini lebih menyerupai mobil golf terbuka, tidak mirip angkutan umum futuristik. Alasan dibalik hal tersebut adalah Toyota bermaksud untuk menjadi solusi “detik terakhir” bagi staf dan atlet, serta pengunjung dengan kebutuhan aksesibilitas – seperti penyandang cacat, wanita hamil, lansia atau keluarga dengan anak kecil. Setiap APM dapat mengakomodasi kursi roda dan tandu.

Solusi transportasi ini tidak diragukan lagi akan menjadi vital bagi atlet dan tamu penyandang cacat. Olimpiade dan Paralimpiade belum memiliki rekam jejak terbaik dengan aksesibilitas. Pengunjung penyandang cacat di Paralympic Games 2018 di Korea Selatan mengalami banyak tantangan di daerah pedesaan.

Tokyo, sebagai salah satu kota paling maju di dunia, memiliki tantangan sendiri. Tidak seperti pertandingan Olimpiade sebelumnya di mana tiketnya tidak terjual, ada permintaan yang cukup tinggi untuk pertandingan di Tokyo, sehingga diduga akan banyak pengunjung. Terakhir kali kota ini menjadi tuan rumah Olimpiade adalah tahun 1964.

Toyota diharapkan untuk mengungkapkan lebih banyak inovasi sebelum acara dimulai, termasuk mobil terbang yang akan menyalakan obor Olimpiade dan robot yang dapat membawa makanan dan minuman untuk para tamu. Produsen mobil itu bahkan berencana membuat robot yang dapat membantu para tamu di kursi roda.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: