Mobil listrik pertama Porsche bisa tempuh jarak 480 km

Taycan Turbo akan menghasilkan 670 tenaga kuda dalam mode Launch Control, sedangkan model Turbo S dapat menawarkan hingga 750 HP dalam mode tersebut.

Mobil listrik pertama Porsche bisa tempuh jarak 480 km

Setelah sekitar empat tahun menjalani pengembangan, akhirnya Porsche secara resmi mengumumkan mobil listrik pertama mereka. Pabrikan otomotif tersebut memberi nama mobil listriknya dengan Taycan. Awalnya dijuluki “Mission E” ketika diumumkan sebagai mobil konsep pada tahun 2015, Taycan akan memulai produksinya dalam dua varian: Taycan Turbo dan Taycan Turbo S.

Kedua mobil ini dilengkapi dengan sistem drivetrain all-wheel drive (AWD) dan diklaim memiliki akselerasi unggulan karena dapat menempuh kecepatan 100 km/jam dari keadaan diam dalam tempo kurang dari 3 detik. Porsche tidak menginformasikan jarak daya tahan baterainya, tetapi versi mobil listrik kelas atas ini diprediksi mampu menempuh jarak 480 km.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Toyota desain ulang Mirai demi saingi Tesla

Boeing dan Porsche kembangkan mobil listrik terbang

Dyson tidak jadi bikin mobil listrik


Kedua versi awal Taycan listrik bakal menggunakan konfigurasi motor listrik ganda untuk menghasilkan tenaga 616 HP. Taycan Turbo akan menghasilkan 670 tenaga kuda dalam mode Launch Control, sedangkan model Turbo S dapat menawarkan hingga 750 HP dalam mode tersebut. Hasilnya adalah akselerasi yang menakjubkan mengingat motor listrik mampu menghasilkan putaran lebih responsif jika dibandingkan dengan mesin bahan bakar cair.

Dilansir dari The Verge (5/9), baterai milik kedua Taycan listrik tersebut memiliki kekuatan 93 kWh yang berbobot 630 kg. Secara keseluruhan, kedua mobil mobil masing-masing memiliki bobot 2300 kg. Ini lebih ringan dibandingkan dengan Tesla Model X dan Model S.

Porsche mengumumkan Taycan memiliki sistem pendingin baterai yang mampu membuat temperaturnya lebih optimal. Tidak ketinggalan pula pengisian baterai cepat. Berkat teknologi 800 volt, kedua varian Taycan dapat diisi ulang dari daya 5 persen hingga 80 persen hanya dalam tempo 23 menit ketika menggunakan charger berdaya 270 kW.

Taycan juga akan menjadi mobil pertama dengan integrasi Apple Music. Selain performa yang luar biasa, pengguna juga akan dimanjakan dengan kenyamanan kabin premium seperti mobil sport mewah. Harga untuk Porsche Taycan Turbo adalah USD150.900 (Rp2,1 miliar) dan USD185.000 (Rp2,6 miliar) untuk Porsche Taycan Turbo S.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: