Mobil listrik Jaguar uji coba teknologi otonom

Selama pengujian, mobil telah dilengkapi sistem kemudi keselamatan di dalamnya, agar siap untuk mengambil kendali jika ada yang salah.

Mobil listrik Jaguar uji coba teknologi otonom Source: Waymo via Engadget

Perusahaan yang mengkhususkan diri untuk pengembangan teknologi mobil otonom, Waymo, baru saja menguji mobil listrik Jaguar I-Pace di jalanan untuk pengujian yang lebih intens pada sistem kemudi otonomnya. Perusahaan yang bernaung di bawah Alphabet tersebut mengkonfirmasi bahwa mereka mulai menguji mobil otonom itu di dekat kantor pusat Mountain View, California, Amweika Serikat.

Selama pengujian, Waymo telah melengkapi pengemudi keselamatan di dalamnya, agar siap untuk mengambil kendali jika ada yang salah. Dilansir dari Engadget (17/6), ini adalah langkah penting bagi Waymo untuk menambah mobil yang dapat berkendara sendiri ke dalam armada kendaraannya yang rencananya akan dilakukan tahun depan.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Toyota desain ulang Mirai demi saingi Tesla

Boeing dan Porsche kembangkan mobil listrik terbang

Dyson tidak jadi bikin mobil listrik


Tahun lalu, Waymo mengungkapkan pihaknya menambahkan mobil listrik I-Pace ke armada kendaraan otonomnya. Mobil-mobil tersebut sebelumnya telah berjalan di Bay Area untuk mengumpulkan data jalanan. Meski begitu, saat itu mereka berada di bawah kendali seorang pengemudi manusia. Waymo dan Jaguar Land Rover memiliki kesepakatan, di mana sebanyak 20 ribu mobil I-Pace diharapkan bisa menyetir sendiri. Ia bergabung dengan armada tumpangan yang bakal hadir dalam dua tahun pertama layanan.

Waymo memang memiliki teknologi mutakhir akan kendaraan otonom. Beberapa bulan lalu, mereka menghadirkan teknologi yang dapat melalui jalanan dengan situasi membingungkan, yaitu persimpangan di mana lampu lalu lintas sedang rusak.

Teknologi yang menyertainya mampu mendeteksi isyarat tangan polisi. Mobil otonom ini tahu kapan polisi lalu lintas menyuruhnya berhenti dan kapan harus berjalan. Mobil juga mengerti untuk mematuhi petugas karena sudah mendeteksi bahwa tidak ada lampu lalu lintas.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: