Mobil listrik Chevrolet punya suara mesin V8

Simulasi suara ini diinformasikan secara otomatis menyesuaikan dengan perubahan gigi, dan bahkan dapat meniru mesin yang berbeda dalam setiap perputaran rpm.

Mobil listrik Chevrolet punya suara mesin V8 Source: Autoblog via Engadget

Perusahaan otomotif asal Amerika Serikat Chevrolet baru saja meluncurkan E-10 Concept yang terlihat mirip truk pikap klasik, namun memiliki tenaga listrik modern. Kendaraan ini didukung oleh dua motor listrik ganda yang diperkirakan memiliki tenaga 450 HP sehingga diklaim mampu memberikan akselerasi 100 km/jam hanya dalam 5 detik.

Dilansir dari Engadget (9/10), mobil truk listrik tersebut juga dilengkapi dengan transmisi otomatis konvensional layaknya mobil bertenaga bensin. Salah satu hal yang paling menarik adalah ia dapat meniru suara mesin V8.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Honda gabung Toyota, Mercedes, dan lainnya demi teknologi mobil otonom

Saingi Tesla, mobil listrik VW punya jarak tempuh 483 km

Toyota andalkan wiper kaca depan mobil untuk prediksi cuaca


Suara mirip mesin V8 konvensional tersebut hadir berkat tiga speaker di belakang mobil. Simulasi suara ini diinformasikan secara otomatis menyesuaikan dengan perubahan gigi, dan bahkan dapat meniru mesin yang berbeda dalam setiap perputaran rpm. Pengguna juga dapat memilih mematikan suara mesin tersebut jika merasa lebih nyaman dengan keheningan khas mobil listrik.

Perusahaan otomotif tersebut menggunakan basis elektronik dan dua baterai seperti yang ada pada mobil listrik Bolt. Dengan demikian dapat menghemat waktu pengembangan mobil, selain itu konfigurasi baterai yang independen menjanjikan lebih banyak daya dan jangkauan lebih jauh. Sayangnya Chevrolet tidak menginformasikan seberapa jauh mobil bisa berjalan dengan satu kali isi ulang.

Mengingat E-10 Concept merupakan sebuah purwarupa, maka tentu saja mobil listrik ini tidak tersedia untuk dibeli secara umum. Selain itu, belum ada kabar juga apakah Chevrolet akan memproduksinya secara massal agar para pecinta mobil klasik dapat membelinya.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: