CES 2019

Mirrorless Panasonic bisa tingkatkan resolusi hingga 188 MP

Selain High Resolution Mode, Panasonic mengumumkan baik Lumix S1 dan Lumix S1R bakal dibekali mode Hybrid log Gamma (HLG) Photo.

Mirrorless Panasonic bisa tingkatkan resolusi hingga 188 MP

Pada CES 2019 Panasonic mengenalkan kamera mirrorless full-frame pertamanya, Lumix S1 dan S1R beserta dua fitur utamanya. Dilansir dari Digital Trends (7/1), kedua kamera tersebut akan dibekali fitur High Resolution Mode yang juga disematkan pada Lumix G9. Fitur ini menggabungkan delapan eksposur untuk mendapatkan hasil foto dengan resolusi lebih baik dibandingkan dengan sensor standarnya.

Fitur High Resolution Mode dapat diterapkan berkat spesifikasi dari kamera mirrorless seri S itu, yakni sensor-shift image stabilization. Dengan menggeser sensor dalam jarak mikroskopik dalam pola kotak, kamera dapat menangkap resolusi spasial tambahan.


BACA JUGA

Bisa rekam Full HD, Leica M-E dihargai Rp56 juta

Ini dia kamera medium format terkecil dari Hasselblad

Nikon siapkan dua kamera mirrorless terjangkau


Perusahaan tersebut belum memberi tahu lebih mendetil bagaimana High Resolution Mode akan bekerja di kamera seri S. Namun secara teori S1 dapat mengangkat resolusi yang awalnya 24 MP menjadi 96 MP, dan S1R mampu menghasilkan resolusi 188 MP dari resolusi standar 47 MP.

Selain High Resolution Mode, Panasonic mengumumkan baik Lumix S1 dan Lumix S1R bakal dibekali mode Hybrid log Gamma (HLG) Photo. HLG sendiri adalah teknik pemetaan warna yang dirancang untuk memudahkan transisi dari tampilan standar ke high dynamic range (HDR). HLG akan membantu pada sektor perekaman video, tetapi pada seri S akan diterapkan pula pada foto. Pengguna yang ingin menunjukkan gambar di televisi HDR 4K dapat menggunakan mode HLG Photo.

Spesifikasi lain yang diketahui sejauh ini adalah perekaman video 4K/60p, Dual IS, dan slot kartu ganda. S1 dan S1R diinformasikan mulai dipasarkan mulai Maret tahun ini, namun masih minim informasi mengenai kedua harga mirrorless tersebut.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: