sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
Jumat, 03 Sep 2021 11:21 WIB

Mirrorless Fujifilm GFX50S II punya mode resolusi 200 MP

Fujifilm mengatakan GFX50S II memiliki fitur Pixel Shift Multi-Shot, yang mampu membuat gambar 200 MP tanpa gangguan distorsi warna.

Mirrorless Fujifilm GFX50S II punya mode resolusi 200 MP

Fujifilm merilis kamera medium format terbaru lewat GFX50S II. Beresolusi 51,4 MP, mirrorless ini diklaim menawarkan perpaduan sempurna antara aksesibilitas dan fleksibilitas, dengan fitur profesional yang mencakup 19 mode Film Simulation, sistem AF mutakhir, dan sejumlah besar kontrol eksposur.

Kamera terbaru ini menggunakan desain khusus dengan lensa mikro pengumpul cahaya kecil yang unik pada sensor. Ini menciptakan celah lebar antara piksel yang berdekatan, sehingga dikatakan memaksimalkan resolusi cahaya per piksel untuk meningkatkan ketajaman gambar. Memotret malam menggunakan ISO tinggi tidak akan menjadi masalah.

Dilansir dari Petapixel (3/9), GFX50S II memiliki stabilisasi dalam bodi (IBIS) lima arah. Ini menjanjikan pengurangan getaran hingga 6,5 stop, yang merupakan level tertinggi untuk jajaran Fujifilm GFX. Hal ini dimungkinkan dengan penggunaan sensor gyro berperforma tinggi dan akselerometer yang memiliki peningkatan sensitivitas sehingga mampu mendeteksi gerakan dengan akurasi tinggi untuk stabilisasi yang lebih presisi.

Mirrorless ini memanfaatkan X-Processor 4 terbaru dan algoritma untuk sistem contrast-detection AF berakurasi tinggi yang bekerja bersama-sama IBIS untuk mengontrol gerakan kabur dan meningkatkan performa sistem AF. Ini menyertakan AF deteksi wajah dan mata yang ditingkatkan dibandingkan dengan GFX50S versi awal.

Desain kamera medium format ini memiliki bodi magnesium yang kuat dengan bobot sekitar 900 gram. Perangkat ini dirancang untuk tahan cuaca di 60 lokasi bodi kamera, menawarkan tahan debu dan kelembapan serta kemampuan untuk beroperasi pada suhu rendah -10 derajat Celcius bila digunakan dengan lensa yang tahan cuaca juga.

Untuk layar, GFX50S II menampung monitor LCD beresolusi 1,8 inci di panel atas untuk menampilkan pengaturan kunci EXIF dan monitor LCD utama 3,2 inci di bagian. Layar LCD utama ini dapat dimiringkan ke 3 arah untuk memungkinkan pemotretan sudut tinggi dan rendah yang mana tidak mudah dilakukan saat memotret menggunakan EVF.

Fujifilm mengatakan GFX50S II memiliki fitur Pixel Shift Multi-Shot, yang mampu membuat gambar 200 MP tanpa gangguan distorsi warna. Mode resolusi ini sangat ideal untuk mengarsipkan karya seni besar dan artefak bersejarah.

Fungsi Pixel Shift menggunakan IBIS kamera untuk menggeser sensor gambar sebesar 0,5 piksel agar dapat merekam 16 file RAW secara bertahap dan menggabungkannya menjadi satu RAW Digital Negative (DNG) dengan software Pixel Shift Combiner. Fitur ini juga dapat dikonfigurasi untuk menghasilkan gambar 51,4 MP yang lebih mudah ditangani.

Harga kamera medium format Fujifilm GFX50S II dibanderol USD3.999 (Rp57 juta). Jika membelinya dengan lensa kit GF 35-70mm f/4.5-5.6 WR maka harganya menjadi USD4.499 (Rp64 juta).

Share
×
tekid
back to top