sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
Kamis, 12 Jan 2023 08:09 WIB

The Trade Desk: Perempuan milenial akan jadi pembelanja online terbanyak di bulan Ramadan 2023

Riset terbaru menunjukkan 9 dari 10 masyarakat Indonesia berencana belanja bulan Ramadan tahun ini. Perempuan milenial akan menjadi pembelanja daring terbanyak di bulan Ramadan

The Trade Desk: Perempuan milenial akan jadi pembelanja online terbanyak di bulan Ramadan 2023

Saat ini kita telah masuk ke awal tahun. Meskipun Ramadan masih beberapa bulan lagi, tak dapat dipungkiri jika masyarakat Indonesia saat ini sudah mulai bersiap untuk merayakan bulan suci Islam terbesar di tahun ini.

Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh The Trade Desk, mereka menemukan bahwa 88% masyarakat Indonesia berencana untuk berbelanja pada Ramadan tahun ini. Laporan tersebut juga mengatakan bahwa perempuan milenial diperkirakan akan berbelanja online lebih banyak dibandingkan kalangan lainnya.

Temuan survei tersebut diungkapkan pada acara Ramadan Success with The Trade Desk bersama dengan Muslim Pro, Tokopedia dan Vidio, yang dilakukan pada Rabu (11/1). Mereka menyoroti bahwa masyarakat Indonesia memanfaatkan teknologi digital dalam aktivitas sehari-hari mereka, untuk berbelanja, aktivitas spiritual, dan hiburan.

Riset untuk belanja online masyarakat Indonesia sangat berkaitan dengan kapan mereka menerima Tunjangan Hari Raya (THR). Berdasarkan data, 53 persen masyarakat Indonesia berencana untuk menggunakan THR-nya di bulan Ramadan dibanding menabungkannya. Sebagai bagian dari perjalanan belanja mereka, konsumen akan memulai riset untuk belanja online mereka sebulan sebelum Ramadan.

Menurut data agregat dari lima situs e-commerce terkemuka di Indonesia, aktivitas online seperti ini diperkirakan akan memuncak pada 7–10 hari sebelum Idul Fitri, waktu di mana masyarakat Indonesia umumnya telah menerima THR mereka.

“Pemasar yang ingin terhubung dengan konsumen di mana pun mereka berada sepanjang perjalanan belanja mereka dapat memanfaatkan platform pembelian media berbasis data seperti The Trade Desk untuk menjangkau audiens di seluruh saluran yang berkembang pesat, seperti OTT, streaming musik, aplikasi seluler, dan web,” kata General Manager The Trade Desk Indonesia, Purnomo Kristanto.

Survei The Trade Desk juga menunjukkan bahwa perempuan milenial diperkirakan akan lebih banyak berbelanja dibandingkan masyarakat umum selama bulan Ramadan yang akan datang. Secara khusus, mereka diperkirakan akan lebih banyak berbelanja produk Kosmetik dan Parfum (49%), Kesehatan dan Perawatan Pribadi (52%), serta Pakaian dan Aksesori (61%).

Di sisi lain, lelaki milenial diperkirakan akan lebih banyak berbelanja kebutuhan spiritual dan produk digital, sementara konsumen Gen Z akan lebih banyak berbelanja produk kesehatan dan perawatan pribadi, serta kosmetik dan parfum, dibandingkan dengan masyarakat umum.

Pandemi telah mendorong masyarakat Indonesia untuk menggunakan teknologi dalam memenuhi kebutuhan spiritualnya. Survei ini menunjukkan bahwa dua dari tiga masyarakat Indonesia melakukan kegiatan keagamaan secara online, baik melalui aplikasi mobile maupun media online.

Selama bulan suci Ramadan, sebagaimana masyarakat Indonesia meningkatkan kegiatan ibadah, aktivitas keagamaan online diperkirakan akan meningkat 39%, dibandingkan bulan lainnya dalam satu tahun.

Share
×
tekid
back to top