Microsoft Surface baru bakal lebih murah demi saingi iPad

Laporan terbaru menyebutkan bahwa Microsoft akan menghadirkan Surface dengan harga yang murah guna menarik banyak pengguna

Microsoft Surface baru bakal lebih murah demi saingi iPad (Foto: PCMag)

Microsoft Surface selama ini bersaing kuat dengan iPad besutan Apple di pasaran. Namun harga Surface yang begitu mahal membuat perangkat tersebut kalah saing dari sisi banderol.

Laporan terbaru menyebutkan bahwa Microsoft akan menghadirkan Surface dengan harga yang murah. Bloomberg menyebutkan perusahaan merencanakan lini tablet di masa mendatang dengan harga yang murah guna menarik banyak pengguna.


BACA JUGA

Google, Microsoft, Intel buat konsorsium untuk lindungi data pengguna

Kami sudah mencoba Microsoft Chromium Edge

Bos Xbox : Layanan streaming baru akan booming beberapa tahun ke depan


Laporan itu juga secara langsung menduga bahwa Surface yang direncanakan itu ditujukan untuk menyaingi Apple iPad terbaru yang dibanderol seharga USD329. Ada kemungkinan Surface yang murah tersebut memulai debutnya pada paruh kedua tahun 2018.

Menurut sumber yang mengetahui rencana itu, tablet bermerek Surface selanjutnya akan dibanderol sekitar USD400. Memang harga tersebut masih lebih mahal ketimbang Apple iPad, namun setidaknya selisih harganya tak begitu jauh berbeda.

Surface versi murah kabarnya juga akan menjadi perangkat pertama yang mengadopsi USB Type-C dan tepi bodi yang melegkung layaknya iPad. Media penyimpanannya akan mencapai 64GB dan 128GB. Fitur lainnya yaitu koneksi LTE serta layar berbentang 10 inci.

Guna memangkas harga, Microsoft diyakini akan mengorbankan masa pakai baterai hingga empat jam ketimbang Surface saat ini. Sebagai gambaran, Surface Pro memiliki masa pakai baterai mencapai 13,5 jam. Artinya Surface versi murah akan bertahan selama sekitar 9,5 jam saja.

Belum diketahui apa jeroan yang akan melengkapi Surface versi murah itu. Namun diyakini chip Intel akan menyokong prosesor utamanya maupun untuk chip grafis.

Perusahaan besutan Bill Gates itu dipercaya akan mempertimbangkan peluncuran iPad yang ditujukan untuk pendidikan. Model Surface murah dinilai akan menarik bagi siswa dan guru di sekolah yang berniat membeli tablet murah secara massal.

Tak hanya tablet Surface, Microsoft juga disebut akan merilis cover keyboard, stylus dan mouse tentunya dengan harga yang murah guna melengkapi perangkat tersebut. Demikian dilansir MacRumors (17/5).

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: