sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
Selasa, 02 Mei 2023 15:17 WIB

Ramaikan persaingan, Microsoft serius garap chipset berbasis ARM

Demi menyaingi Apple dan Qualcomm, Microsoft buka lowongan pengembangan chipset ARM untuk berjalan di Windows 12 dengan optimal.

Ramaikan persaingan, Microsoft serius garap chipset berbasis ARM

Kompetisi di industri prosesor berbasis ARM untuk laptop semakin memanas. Saat ini, Apple masih memimpin teknologi tersebut dengan menghadirkan jajaran laptop dan komputer kompak, disusul dengan Qualcomm.

Namun, Microsoft tampaknya tak ingin ketinggalan di pesta yang satu ini. Soalnya, dalam pemberitahuan terbaru, perusahaan tersebut semakin serius untuk menggarap prosesor ARM untuk laptop mereka.

Dilansir dari laman Wccftech (2/5), Microsoft dikabarkan sedang mengembangkan sebuah chipset berbasis ARM yang dioptimalkan untuk menjalankan Windows 12. Hal ini terkuat setelah mereka memposting beberapa lowongan pekerjaan.

Beberapa lowongan yang diposting untuk posisi Sistem Utama pada Arsitek Silikon Chip, Insinyur Desain Utama, Insinyur Verifikasi Desain Fisik Senior, dan Integritas Tenaga Silikon Senior CAD Mgr.  Lowongan ini diketahui berhubungan dengan pengembangan chipset.

Seperti diketahui, chipset Apple memiliki tingkat sinkronisasi yang tinggi dengan sistem operasinya. Pengguna akan mendapatkan performa yang sangat tinggi meski tidak menggunakan chipset berbasis X86.

Bahkan, saking kencangnya, jika dibandingkan dengan prosesor Intel yang ada di Macintosh sebelumnya, performa dari Apple M2 jauh ada di atasnya. Dan dengan segera hadirnya chipset M3, performa yang dimiliki perangkat Macintosh diperkirakan akan memiliki performa yang lebih tinggi.

Masih belum diketahui apakah Microsoft akan benar-benar membuat chipset sendiri atau menerima bantuan dari perusahaan lain. Jadi, hingga saat ini masih belum diketahui bagaimana performa yang akan ditawarkan oleh chipset yang satu ini.

Share
×
tekid
back to top