sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
Minggu, 12 Nov 2023 03:36 WIB

Microsoft sempat larang karyawannya pakai ChatGPT karena keamanan

Microsoft sempat membatasi karyawannya menggunakan ChatGPT karena masalah keamanan. Langkah ini menyebabkan pembatasan singkat pada perangkat perusahaan.

Microsoft sempat larang karyawannya pakai ChatGPT karena keamanan

Microsoft untuk sementara memblokir akses karyawan ke ChatGPT karena masalah keamanan. Langkah ini menyebabkan pembatasan singkat pada perangkat perusahaan, mencegah mereka mengakses ChatGPT dan layanan AI lainnya seperti Midjourney, Replika, dan Canva.

Dilansir dari Gizmochina (12/11), perusahaan tersebut mengutip “masalah keamanan dan data” sebagai alasan di balik pembatasan tersebut, menekankan bahwa ChatGPT adalah layanan eksternal pihak ketiga, dan mendesak agar berhati-hati terkait risiko privasi dan keamanan.

Namun, pembatasan tersebut tidak berlangsung lama, dan Microsoft dengan cepat memulihkan akses, menghubungkannya dengan kesalahan selama pengujian sistem kontrol untuk model bahasa besar (LLM).

Perkembangan ini cukup mengejutkan karena Microsoft telah menginvestasikan miliaran dolar pada OpenAI dan menjalin kemitraan erat dengan perusahaan tersebut. Microsoft telah memasukkan model AI dari OpenAI ke dalam produknya, seperti Bing Chat dan Bing Image Creator.

ChatGPT telah mendapatkan popularitas dengan lebih dari 100 juta pengguna, tetapi penggunaannya menghadapi pengawasan karena kekhawatiran tentang pembagian informasi rahasia. Beberapa perusahaan teknologi lainnya, termasuk Samsung, Amazon, dan Apple, juga telah melarang atau membatasi akses karyawan ke ChatGPT karena masalah keamanan data.

Meskipun mengalami pembatasan sementara ini, Microsoft terus mendukung ChatGPT, dan juru bicara Microsoft kemudian memberikan klarifikasi, dengan menyatakan, “Kami sedang menguji sistem kontrol titik akhir untuk LLM dan secara tidak sengaja mengaktifkannya untuk semua karyawan. Kami memulihkan layanan segera setelah kami mengidentifikasi kesalahan kami. Seperti yang telah kami katakan sebelumnya, kami mendorong karyawan dan pelanggan untuk menggunakan layanan seperti Bing Chat Enterprise dan ChatGPT Enterprise yang hadir dengan tingkat perlindungan privasi dan keamanan yang lebih baik.”

Insiden ini menggarisbawahi tantangan yang sedang berlangsung dalam menyeimbangkan potensi manfaat model AI seperti ChatGPT dengan kebutuhan untuk mengatasi masalah keamanan dan privasi, terutama di lingkungan perusahaan.

Ini juga merupakan minggu yang sibuk bagi OpenAI ketika mereka meluncurkan model AI terbarunya, GPT-4 Turbo, dengan peningkatan pengetahuan hingga April 2023 dan kemampuan untuk menangani input yang jauh lebih besar. Perusahaan ini juga menurunkan harga bagi pengembang yang menggunakan model AI-nya.

Share
×
tekid
back to top