sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
Sabtu, 03 Jun 2023 10:11 WIB

Microsoft segera akhiri dukungan Cortana di Windows

Microsoft mengumumkan alat Windows Copilot baru yang akan menggunakan AI dalam membantu tugas penggunanya, yang dapat dilakukan oleh Cortana.

Microsoft segera akhiri dukungan Cortana di Windows

Microsoft mengakhiri dukungan untuk Cortana di Windows. Perusahaan, melalui halaman dukungannya, mengatakan tidak akan lagi mendukung Cortana di Windows sebagai aplikasi mandiri mulai akhir tahun ini.

Dilansir dari The Verge (3/6), berakhirnya dukungan Microsoft untuk Cortana tidak terlalu mengejutkan. Selama konferensi Build pada Mei lalu, Microsoft mengumumkan alat Windows Copilot baru yang akan menggunakan AI dalam membantu tugas penggunanya, yang dapat dilakukan oleh Cortana.

Ini termasuk meringkas konten, menulis ulang teks, mengajukan pertanyaan, menyesuaikan pengaturan komputer, dan masih banyak lagi. Microsoft pertama kali membawa Cortana ke Windows 10 pada 2015, memungkinkan pengguna mengatur pengingat, membuka aplikasi, dan mengajukan pertanyaan menggunakan perintah suara.

Namun selama bertahun-tahun, Microsoft secara bertahap menghapus Cortana dari pengalaman Windows. Asisten digital itu kehilangan posisinya yang menonjol di bilah tugas pengguna dengan rilis Windows 11 dan tidak lagi muncul dalam pengalaman boot pertama. 

Selain Windows, Microsoft juga menutup aplikasi Cortana di iOS dan Android lebih dulu, pada tahun 2020 dan mengakhiri dukungan untuk Cortana di smartphone Surface dan perangkat lainnya.

Belum diketahui kapan tepatnya Microsoft akan menghapus Cortana dari Windows. Tetapi jelas bahwa rangkaian alat AI Microsoft yang berkembang, yang juga mencakup Bing Chat dan Microsoft 365 Copilot, kini menjadi prioritas pertama.

Meskipun Cortana akan dihapus di Windows, Microsoft mengatakan akan tetap tersedia di Outlook seluler, Microsoft Teams, tetapi entah untuk berapa lama.

Share
×
tekid
back to top