Microsoft punya paten matras bergetar untuk main VR

Microsoft didapati mengajukan paten untuk sebuah matras yang dapat bergetar ketika ada pemain di atasnya. Perangkat ini ditujukan untuk mendukung permainan VR.

Microsoft punya paten matras bergetar untuk main VR Source: USPTO

Microsoft dilaporkan baru saja mengajukan paten untuk sebuah matras yang dapat bergetar. Matras ini nantinya akan digunakan bersamaan dengan perangkat VR. Microsoft menyebut bahwa perangkat ini akan mencegah pemain menabrak perabot di rumah ketika bermain VR. 

Beberapa sistem VR memang sudah memberikan peringatan kepada para penggunanya ketika mereka menyimpang terlalu jauh dari ruang bermain. Namun hal ini tidak menjamin bahwa para pemain akan aman selama menggunakan perangkat tersebut. Beberapa bahkan dapat cedera karena hal ini. 


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Microsoft punya keyboard dengan tombol emoji

Mode gelap segera hadir di aplikasi Microsoft Office

Microsoft enggan Surface Duo mereka disebut ponsel


Untuk mengatasi masalah tersebut, beberapa sistem VR sudah dibekali dengan matras untuk memberi pemain sensasi sentuhan. Dengan ini mereka dapat mengetahui di mana area aman untuk bermain, seperti dilansir dari Engadget (5/10). 

Nah, matras buatan Microsoft ini dikatakan dilengkapi juga dengan penanda pada VR headset. Hal ini membuat pemain dapat memindai matras tersebut untuk menyesuaikan lokasi aman saat bermain. 

Tidak hanya itu, matras tersebut juga akan menandai di mana posisi awal para pemain. Microsoft memberikan sensor tekanan untuk melakukan hal tersebut. Tidak hanya itu, perusahaan piranti lunak ini juga mengisyaratkan adanya umpan balik dari matras dalam bentuk getaran. 

Kendati tidak memiliki ruang luas untuk bermain VR, Microsoft mungkin memiliki jawaban untuk hal tersebut. Kabarnya matras ini akan tersedia dalam bentuk ubin yang saling terkait. Menurut Microsoft, pengguna akan dapat mengaturnya sesuai keinginan mereka. 

Namun harus dipahami bahwa paten ini tidak serta merta mengkonfirmasi bahwa Microsoft sedang mengerjakan perangkat tersebut. Belum dapat dipastikan apakah Microsoft akan membawa paten ini ke perangkat VR atau Xbox selanjutnya. Paten ini hanya berupa langkah awal Microsoft untuk membuat permainan VR menjadi lebih menarik dan tentunya, aman.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: