sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
Selasa, 23 Jun 2020 11:06 WIB

Microsoft menyerah dengan Mixer, Xbox gandeng Facebook Gaming

Setelah tidak berhasil bersaing dengan platform lain, Mixer akhirnya dibubarkan. Xbox pun mencari rekanan baru dengan menggandeng Facebook Gaming.

Microsoft menyerah dengan Mixer, Xbox gandeng Facebook Gaming

Persaingan ketat platform live streaming pada akhirnya memakan korban. Microsoft baru saja mengumumkan pembubaran Mixer, yang membuat Xbox harus menggandeng Facebook Gaming sebagai rekan resmi mereka.

Berita ini mengejutkan komunitas streamer di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan Microsoft telah menggelontorkan puluhan juta dolar Amerika untuk menarik banyak streamer populer ke platform tersebut.

Salah satu streamer yang telah “dibajak” Microsoft untuk hadir di Mixer adalah Tyler "Ninja" Blevins. Saat meninggalkan Twitch, Ninja memiliki 14 juta pengikut. Sedangkan hingga saat ini, dia hanya memiliki 3 juta pengikut saja di Mixer.

Pembubaran Mixer diakui oleh bos Xbox, Phil Spencer. “Sangat jelas bahwa waktu yang dibutuhkan untuk menumbuhkan komunitas live-streaming kami sendiri untuk mengukur tidak sesuai dengan visi dan pengalaman yang ingin kami sampaikan kepada gamer sekarang,” kata Phil, seperti dikutip dari laman Engadget (23/6).

Hal ini wajar mengingat data yang diungkap oleh Streamlabs, yang mengatakan bahwa di 2019, Mixer tidak dapat bersaing ketat dengan pesaingnya yakni Twitch, YouTube Gaming, serta Facebook Gaming. 

Twitch dikabarkan mencatat 3,1 miliar jam waktu tontonan, sedangkan YouTube Gaming mencapai 1 miliar jam waktu tontonan. Facebook Gaming dapat mencapai 553,8 juta jam waktu tontonan, dan Mixer hanya 81,4 juta jam waktu tontonan. 

Sedangkan untuk menggantikan posisi Mixer, Xbox akan menggandeng Facebook Gaming untuk melakukan rekanan penayangan gim. Namun, tidak menutup kemungkinan mereka juga akan mendekati saingan utama Mixer, yakni Twitch untuk melakukan hal yang sama. Hal ini dilakukan karena Xbox Series X akan meluncur sebentar lagi, dan mereka memerlukan platform untuk melakukan streaming.

Para pengguna akan mendapatkan refund jika mereka masih memiliki kredit di Mixer. Mereka akan mendapatkan kompensasi berupa Xbox digital code dengan nilai yang sama dan akan mulai di refund mulai 31 Juli dan akan berakhir 30 September.

Sedangkan untuk para streamer, saat ini beberapa streamer yang sudah mendapatkan kontrak dari Mixer sedang mencari rekanan baru. Ninja misalnya, saat ini dia masih belum tahu apakah dirinya akan kembali ke Twitch atau tidak.

Share
back to top