sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
Kamis, 22 Okt 2020 10:00 WIB

Microsoft kembangkan teknologi Haptic untuk virtual reality

Para peneliti di Microsoft telah menciptakan Haptic PIVOT yang diklaim dapat membuat pengguna merasakan benda di dalam dunia virtual reality.

Microsoft kembangkan teknologi Haptic untuk virtual reality
Microsoft Haptic PIVOT

Virtual reality saat ini menjadi teknologi yang sudah banyak digunakan oleh masyarakat dunia. Bukan hanya digunakan untuk bekerja, namun VR saat ini juga sudah semakin banyak digunakan untuk bermain gim.

Salah satu kekurangan dari teknologi VR adalah absennya pengalaman taktil. Hal ini merupakan sebuah hal yang penting, dikarenakan kita bisa merasakan apa yang ada di dunia virtual dengan teknologi tersebut.

Nah, belakangan ini Microsoft sedang mengembangkan sebuah teknologi taktil untuk perangkat VR. Mereka memberi nama teknologi ini sebagai Haptic PIVOT, yang akan membantu pengguna merasakan umpan balik apapun yang mereka lihat di duna VR.

Untuk menghadirkan pengalaman taktil, Microsoft menggunakan dua mekanik unik dimana pengguna akan memiliki mekanisme khusus yang dapat menggerakkan sebuah bola ke tangan penggunanya.

Engadget (22/10) melaporkan, Microsoft menggunakan pendeteksian jarak untuk menerjemahkan respons mekanisme bola tersebut. Tiang yang terhubung dengan bola tersebut akan bereaksi dengan tangan digital pengguna, yang nantinya akan benar-benar terasa di tangan pengguna.

 

 

Teknologi ini memungkinkan para pengguna merasakan apel yang ada di dunia VR. Jika digunakan sepasang, pengguna dapat merasakan sensasi mengangkat ember dan lainnya di tangan mereka.

“Memperkenalkan faktor bentuk pergelangan tangan, atau desain, ke dalam penawaran kami memberikan kesempatan untuk memberikan tindakan yang lebih luas tanpa mengganggu lingkungan fisik di sekitar pemain,” kata tim Mincrosoft yang mengerjakan desain tersebut.

Untuk saat ini, Haptic PIVOT masih merupakan proyek penelitian, dan kita mungkin tidak akan melihat versi komersial dari perangkat ini. Tapi, semoga saja teknologi ini dapat menginspirasi perusahaan lain untuk mencari solusi haptics VR dengan cara yang menarik.

Share
×
tekid
back to top