sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Kamis, 05 Jan 2023 09:00 WIB

Microsoft integrasikan Bing dengan ChatGPT, siap ungguli Google

Bekerja sama dengan OpenAI, Microsoft akan integrasikan ChatGPT ke dalam mesin pencari mereka, Bing, dalam waktu dekat ini.

Microsoft integrasikan Bing dengan ChatGPT, siap ungguli Google

Google mungkin saat ini menjadi mesin pencari yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet. Namun, ada beberapa mesin pencari lain yang tak kalah populernya, seperti salah satunya adalah Bing.

Seperti diketahui, Bing merupakan mesin pencari yang dimiliki oleh Microsoft. Dan untuk mengejar ketertinggalan mereka dari pesaingnya, Microsoft tampaknya akan mengintegrasikan fitur baru ke dalam mesin pencari mereka.

Fitur yang akan mereka integrasikan dalam waktu dekat ini adalah memasukkan ChatGPT ke peramban tersebut. Mereka pun akan bekerja sama dengan OpenAI untuk mengerjakan proyek besar tersebut, seperti lapor Engadget (5/1).

Untuk diketahui, dengan memasukkan ChatGPT ke dalam mesin pencari, pengguna akan mendapatkan hasil pencarian yang lebih manusiawi. Tentu saja, hal ini akan memberikan pengguna pengalaman penggunaan yang lebih baik.

Microsoft seperti diketahui telah menginvestasikan sekitar USD1 miliar untuk OpenAI pada tahun 2019. Dan investasi awal Microsoft ini termasuk kesepakatan untuk memasukkan beberapa aspek GPT ke dalam Bing.

OpenAI mengembangkan GPT sebagai model bahasa yang menggunakan pembelajaran mendalam untuk menghasilkan respons teks mirip manusia. Akhir tahun lalu, perusahaan tersebut meluncurkan program bernama ChatGPT yang popularitasnya dengan cepat meroket karena kemampuannya untuk mengembalikan tanggapan yang layaknya ditulis oleh orang yang sebenarnya. 

Hingga saat ini, ChatGPT masih gratis untuk digunakan saat ini. Namun, OpenAI bermaksud untuk membebankan pengguna biaya langganan untuk menggunakan platform tersebut di masa depan.

Namun, hingga saat ini masih belum diketahui akan sedalam apa integrasi ChatGPT di dalam mesin pencarian Bing. Jika fitur ini bisa digabungkan dengan kemampuan pencarian melalui internet, maka kemungkinan besar Bing dapat mengalahkan Google. Tapi, jika mereka tidak memiliki integrasi pencarian internet, maka kemungkinan imbasnya akan kurang terasa.

Tapi, sebuah laporan dari The Information mengatakan bahwa hanya dengan hadirnya ChatGPT dalam Bing akan dapat membantu mereka menyajikan hasil kepada pengguna dengan cara yang lebih ramah. 

Sebuah sumber yang "akrab dengan sistem Bing" mengatakan bahwa Microsoft dapat menggunakan teknologi tersebut untuk menyajikan hasil pencarian sebagai jawaban kalimat lengkap dengan sumber informasinya. 

Jika Bing menyarankan kueri terkait informasi yang hadir dengan sumber asli, GPT dapat menjelaskan relevansinya dengan cara yang bermakna. Teknologi ini juga dapat membantu Bing menyarankan kata kunci atau frasa kunci yang lebih baik kepada pengguna.

Share
×
tekid
back to top