sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Selasa, 22 Mar 2022 19:02 WIB

Microsoft ingin perkuat ekosistem teknologi Indonesia

Lewat acara Dev//Verse 2022, Microsoft meluncurkan Microsoft Learn dan portal inovasi Azure yang kini tersedia dalam Bahasa Indonesia.

Microsoft ingin perkuat ekosistem teknologi Indonesia

Microsoft menegaskan komitmennya untuk terus Berdayakan Ekonomi Digital Indonesia hari ini (22/3). Untuk mewujudkan itu, Microsoft meluncurkan serangkaian platform dan program lokal untuk untuk mengasah keterampilan digital masyarakat Indonesia, menciptakan inovasi berbasis teknologi, dan memperluas network dimanapun mereka berada.

Masyarakat yang dimaksud di sini adalah individu atau komunitas, pelajar atau profesional, startup atau enterprise, institusi pemerintah atau pendidikan. Platform dan program lokal yang diluncurkan Microsoft antara lain meliputi tersedianya platform belajar Microsoft Learn dan portal inovasi Azure dalam bahasa Indonesia, serta hadirnya platform Microsoft for Startups Founders Hub bagi pemilik startup atau ide startup di Indonesia.

Adapun komitmen ini diresmikan dalam acara “Dev//Verse: Empowering Developer Universe”, sebuah konferensi virtual yang mengundang seluruh pegiat teknologi Indonesia untuk mengenal lebih dekat berbagai platform developer terkini, mempelajari kisah kolaborasi sukses antara pelaku industri dan talenta digital, mengasah keterampilan dengan skill digital terbaru, serta mengeksplor pengembangan usaha atau peluang kerja baru.

Diselenggarakan selama empat hari (22-25 Maret 2022), Dev//Verse menghadirkan empat topik utama, yaitu teknologi immersive yang telah menjadi gelombang inovasi baru di Indonesia, digital native dan sustainability untuk mendukung pertumbuhan startup (seperti melalui Microsoft for Startups Founders Hub) dan pencapaian komitmen netralitas karbon Indonesia pada tahun 2060, end-to-end developer tools untuk membangun aplikasi impian secara aman dan inklusif seperti melalui portal inovasi Azure Bahasa Indonesia, serta masa depan talenta digital yang diperkuat melalui peluncuran Microsoft Learn Bahasa Indonesia.

Microsoft Learn adalah sebuah platform pembelajaran daring yang menghadirkan ribuan materi informasi teknologi secara gratis. Sebanyak 396 jalur belajar dan 1.536 modul kini sudah tersedia dalam Bahasa Indonesia, dengan mengangkat topik-topik penting seperti cloud, data dan AI, serta keamanan siber. Adanya materi yang dilokalisasi ini diharap dapat mendukung pemenuhan kebutuhan Indonesia akan sembilan juta talenta digital hingga 2035 mendatang. Jumlah materi yang dilokalisasi pun akan terus diperbanyak agar dapat semakin mendukung pemberdayaan talenta digital nasional. Secara khusus untuk topik cloud Azure, seluruh jalur belajar dan modul kini sudah tersedia dalam Bahasa Indonesia.

Sedangkan portal inovasi Azure, adalah sebuah portal yang memungkinkan developer dan talenta digital untuk membangun inovasi mereka di platform cloud Microsoft Azure. Diperkuat oleh Artificial Intelligence dan didukung dengan tingkat keamanan yang tinggi, lokalisasi portal ini diharapkan dapat memudahkan proses inovasi developer dan talenta digital Indonesia, sehingga mampu mempercepat transformasi digital industri serta negara secara inklusif.

Di sisi lain, Microsoft for Startups Founders Hub hadir untuk mendukung semua pendiri startup dan pemilik ide startup—apapun latar belakang, progress, dan passion mereka—agar dapat mematangkan ide, mewujudkan ide, mengembangkan usaha, dan meningkatkan skala bisnis mereka. Startup yang tertarik untuk berpartisipasi tidak perlu harus sudah memiliki dukungan investor tertentu.

Share
×
tekid
back to top