Microsoft hapus fitur pengenal lagu di Cortana

Microsoft tutup layanan Groove Music, berdampak tutupnya fitur pengenal lagu di Cortana.

Cortana yang memiliki banyak fitur, salah satunya fitur pengenal lagu. Dilansir dari Ubergizmo (4/1), Microsoft baru saja menutup fitur pengenal lagu di Cortana. Jadi, Anda tidak bisa lagi meminta Cortana untuk mendengarkan lagu, dan memberi tahu Anda judul serta penyanyinya. Dimatikannya fitur ini disebabkan dari keputusan Microsoft yang juga mematikan Groove Music baru-baru ini.

Sebelumnya, fitur ini bekerja dengan menekan ikon musik di interface Cortana saat sebuah lagu sedang diputar. Kemudian Cortana akan mengidentifikasi lagu tersebut dari Groove, dan akan menunjukkan hasil yang relevan. Namun saat layanan Groove Music ditutup, tentu saja Cortana tidak lagi memiliki data lagu untuk diidentifikasi.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Surface Pen baru bisa diisi ulang secara nirkabel

Microsoft akan bawa banyak varian Surface Pro 7

Ini solusi ketahanan perangkat lipat dari Microsoft


Penghapusan fitur Cortana ini, telah dikonfirmasi oleh John Deakins selaku Software Engineer Cortana Team. John menegaskan bahwa fitur pengenal lagu di Cortana sudah ditutup karena ditutupnya juga Groove Music. Sedangkan, kini Cortana akan menampilkan notifikasi “Lagu tidak dikenali,” untuk menginformasikan pengguna bahwa fitur tersebut telah dihentikan.

Sedangkan pengguna Groove Music telah dialihkan ke Spotify pada akhir tahun 2017. Selain itu, pengguna Windows 10 juga tidak menggunakan Shazam untuk mengidentifikasi lagu. Sebab, Shazam telah dimiliki oleh Apple.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: