Microsoft berikan peringatan bagi pengguna OS lawas

Pihak Microsoft mengimbau bagi para pengguna OS lawas seperti Windows XP dan Windows 7 untuk memperbarui OS mereka.

Microsoft berikan peringatan bagi pengguna OS lawas Windwos 7 (Microsoft)

Masih ingat dengan sistem operasi Windows XP? Ya OS legendaris milik Microsoft tersebut memang salah satu OS yang paling banyak digunakan di seluruh dunia pada waktunya. Hingga saat ini, jumlah pengguna OS tersebut bisa dibilang masih sangat tinggi.

Meski memberikan rasa nostalgia, namun Microsoft diperingatkan bagi para penggunanya untuk melakukan pembaruan OS tersebut. Hal ini dikarenakan para pengguna Windows XP punya risiko keamanan yang mengintai mereka.


BACA JUGA

Microsoft tarik laptop Huawei dari toko online di AS

Microsoft beri bocoran terkait konsol next-gen mereka

Karena biaya, Pemerintah Korea Selatan hijrah ke Linux


Salah satu contohnya adalah kasus ransomware WannaCry yang menyerang pada 2017. Kebanyakan, pengguna yang terkena serangan ini adalah para pengguna OS lawas, sedangkan OS baru cenderung sangat sedikit.

Saat ini, memang pihak Microsoft telah mengeluarkan pembaruan sistem keamanan bagi para pengguna OS mereka. Namun, tetap saja pengguna diimbau dengan keras untuk melakukan upgrade OS.

Theverge (17/5) melaporkan, beberapa OS lawas yang ditambal celah keamanannya adalah Windows XP, Windows 7, dan beberapa seri Windows Server. Microsoft melakukan penambalan di layanan Remote Desktop dari OS tersebut.

Pengguna diwajibkan mengunduh pembaruan secara manual lewat halaman pembaruan Microsoft untuk mendapatkan patch keamanan tersebut.

"Kerentanan keamanan ini bersifat pre-authentication dan tidak memerlukan adanya interaksi dengan pengguna," ungkap Director of Incident Response di Microsoft Security Response Center. 

Namun, bagi mereka yang menggunakan OS Windows 8 ke atas bisa lebih tidak khawatir karena OS tersebut disebut lebih kebal dari serangan malware seperti WannaCry. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: