sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
Rabu, 29 Mar 2023 11:19 WIB

Microsoft bakal fokus pada AI dan keamanan di Windows baru

Microsoft berencana untuk menawarkan edisi Windows berbeda yang mendukung fitur dan aplikasi khusus untuk berbagai jenis perangkat keras.

Microsoft bakal fokus pada AI dan keamanan di Windows baru

Microsoft dilaporkan sedang dalam proses mengembangkan versi Windows modern yang menjanjikan memberikan keamanan yang lebih baik dan update yang lebih cepat. Dijuluki sebagai CorePC, inisiatif ini bertujuan untuk memungkinkan Windows mengukur secara efisien untuk berbagai perangkat, sambil tetap mendukung aplikasi lawas.

Platform ini akan menerapkan "state separation" dengan memecah Windows menjadi beberapa partisi, mirip dengan iOS dan Android, untuk memastikan fungsionalitas pengaturan ulang sistem yang lebih cepat dan andal, sehingga sangat penting untuk perangkat pesaing di sektor pendidikan. Langkah ini juga dapat mempersulit malware untuk menyerang sistem sambil mempercepat update.

Dilansir dari Gizmochina (29/3), Microsoft berencana untuk menawarkan edisi Windows berbeda yang mendukung fitur dan aplikasi khusus untuk berbagai jenis perangkat keras. Misalnya, versi yang berfokus pada pendidikan dapat memiliki platform ringan seperti ChromeOS dan hanya menjalankan browser Edge, aplikasi web, Office, dan aplikasi emulasi Android.

Di sisi lain, CorePC juga dapat menawarkan versi Windows lengkap yang mendukung semua fitur dan kemampuan desktop Windows 11 modern saat ini. Selain itu, Microsoft dilaporkan sedang mengerjakan versi CorePC untuk menyaingi Apple Silicon, meningkatkan kinerja dan kemampuan sistem operasi ketika dihubungkan dengan perangkat keras tertentu.

Selain itu, Microsoft bermaksud untuk memasukkan kecerdasan buatan (AI) ke dalam CorePC untuk menganalisis konten di layar dan memberikan isyarat kontekstual yang sesuai. Perluasan kemampuan AI di seluruh sistem ini dapat merevolusi cara orang berinteraksi dengan platform tersebut.

Microsoft berencana untuk menggunakan CorePC untuk versi utama Windows berikutnya, yang dijadwalkan pada tahun 2024. Meskipun dugaan rencana perusahaan dapat berubah cepat atau lambat, pengembangan CorePC tampaknya merupakan inisiatif yang menjanjikan yang dapat membawa kemajuan signifikan pada ekosistem Windows.

Share
×
tekid
back to top