sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Jumat, 20 Jan 2023 11:49 WIB

Microsoft akan setop penjualan Windows 10

Microsoft secara resmi akan memberhentikan penjualan kunci lisensi digital untuk sistem operasi Windows 10. Namun akan terus memberikan update keamanan.

Microsoft akan setop penjualan Windows 10

Siapa sih yang tak kenal dengan Windows 10? Ya, ini merupakan salah satu sistem operasi (OS) yang dirilis oleh Microsoft pada tahun 2016, dimana dihadirkan untuk menggantikan OS Windows 8 yang dinilai kurang elok untuk digunakan, terutama oleh para pengguna laptop atau PC.

Pada saat diluncurkan, OS ini adalah salah satu perombakan Windows terbesar yang pernah dilakukan oleh perusahaan tersebut. OS ini menghadikan UI yang disegarkan, Start Menu baru, dan dukungan Direct X 12. Delapan tahun kemudian, Microsoft akhirnya berencana menghentikan penjualan lisensi Windows 10 kepada pengguna sebelum akhir Januari 2023.

Microsoft adalah produsen sistem operasi PC terbesar di pasar. Pada tahun 2021, perusahaan ini meluncurkan Windows 11, tambahan terbaru untuk jajaran sistem operasinya. Windows 11 memperkenalkan desain yang lebih baru, integrasi aplikasi Android, dan dukungan desktop virtual yang lebih baik.

Seperti dilansir dari Gizmochina (20/1), pemberitahuan terbaru yang diposting di halaman Windows 10 di situs web resmi Microsoft menunjukkan bahwa perusahaan tidak akan mengizinkan pengguna mengunduh Windows 10 secara digital setelah Januari. Namun, Microsoft akan terus memberikan dukungan untuk Windows 10 untuk beberapa tahun lagi.

Dengan tidak lagi menjual kunci lisensi Windows 10, Microsoft ingin memastikan lebih banyak pengguna baru menggunakan Windows 11 saat mereka mulai menggunakan PC baru. Namun, ada catatan. Pengguna yang tertarik untuk membeli salinan Windows 10 berlisensi setelah 31 Januari 2023, dapat melakukannya dengan menghubungi peritel pihak ketiga.

Mereka pasti memiliki penyimpanan lisensi Windows 10 yang ada. Salinan OEM Windows 10 juga dapat dibeli melalui Amazon. Jika seseorang ingin membuat PC dengan Windows 10, mungkin berguna untuk menyimpan kunci lisensi untuk penggunaan di masa mendatang.

Bagi mereka yang tidak memiliki preferensi khusus untuk sistem operasi, Windows 11 adalah pilihan yang bagus karena akan menerima update keamanan untuk waktu yang lama. Windows 11 juga dioptimalkan untuk mendukung gim dan memungkinkan integrasi aplikasi Android di dalam sistem operasi, menjadikannya lingkungan dinamis yang unggul untuk berbagai tugas.

Terlepas dari itu, baik Windows 10 maupun Windows 11 adalah sistem operasi yang sangat mumpuni; perlu diingat bahwa lisensi Windows 10 akan menjadi lebih mahal seiring berjalannya waktu.

Share
×
tekid
back to top