sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
Selasa, 20 Jul 2021 08:02 WIB

Menguji kecepatan 5G di POCO M3 Pro 5G

POCO M3 Pro 5G mampu mengunduh gim berukuran 716 MB di Google Play Store dalam waktu kurang dari 55 detik menggunakan jaringan 5G.

Menguji kecepatan 5G di POCO M3 Pro 5G
Source: Tek.id

Masa depan bagi berbagai macam industri di seluruh dunia saat ini adalah 5G. Tidak heran, setiap pabrikan ponsel belakangan ini giat memproduksi smartphone yang mendukung konektivitas generasi kelima ini, termasuk POCO. Melalui POCO M3 Pro 5G, POCO menghadirkan versi Pro dari sebelumnya POCO M3 yang memiliki keunggulan jaringan 5G. Smartphone ini disebut-sebut sebagai The Real 5G Killer, karena menjadi satu-satunya smartphone 5G di Indonesia dengan harga Rp2 jutaan.

Jaringan 5G memiliki banyak manfaat bagi pengguna ponsel. Keunggulan utama dari setiap jaringan generasi baru ini adalah kecepatan. Download ataupun upload dengan jaringan 5G lebih cepat daripada 4G LTE. Begitu juga dengan POCO M3 Pro 5G yang sudah didukung jaringan generasi baru tersebut.

POCO berkolaborasi dengan salah satu provider yang sudah menggelar 5G di Indonesia yakni, Telkomsel dalam memfasilitasi jaringan 5G untuk POCO M3 Pro 5G. Dengan kolaborasi ini, smartphone tidak perlu lagi diatur manual untuk mengaktifkan jaringan tersebut. Apabila smartphone berada di area yang tercakup 5G, maka jaringan seluler di smartphone secara otomatis akan berpindah.

Uji jaringan 5G di POCO M3 Pro

Hasil pengujian 5G di POCO M3 Pro versi Tek.id menunjukkan smartphone ini mencapai kecepatan download 125Mbps dan upload 67,9Mbps. Sementara itu, pengujian internal POCO berhasil mendapatkan kecepatan download 310Mbps dan upload 65,9Mbps. Hal ini menunjukkan perbedaan hasil, baik dari kecepatan unduh maupun unggah.

Hasil Speedtest 5G Telkomsel

Menurut Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam, hal seperti ini mungkin saja terjadi dengan mempertimbangkan kepadatan pelanggan 5G dan kualitas sinyal di lokasi pengujian. Meskipun secara teknis 5G bisa memberikan kecepatan download hingga 400Mbps untuk ORBIT dan hingga 750 Mbps untuk mobile, namun rata-rata pengalaman download juga bisa mencapai kecepatan 100Mbps – 250Mbps.

Dengan kata lain, perbedaan hasil itu terbilang wajar menyesuaikan kondisi di lokasi pengujian. Di samping itu, dengan kecepatan download dalam pengujian Tek.id, gim Garena Free Fire berukuran 716 MB di Google Play Store dapat diunduh dalam waktu kurang dari 55 detik. Lebih tepatnya, dalam waktu 46 detik, proses unduh sudah menunjukkan 95%.

Pengujian juga dilakukan pada sistem penyimpanan cloud. Sebuah file Google Drive berukuran 416,1 MB, selesai diunduh dalam waktu 1 menit 14 detik. Selanjutnya, untuk mengunggah file dengan ukuran yang sama, membutuhkan waktu 4 menit 45 detik. Sementara mengunggah dengan jaringan 4G LTE, menghabiskan waktu 5 menit dan mengunduh file yang sama membutuhkan waktu 1 menit 25 detik.

Tentunya, perbedaan ini akan semakin signifikan dan semakin jauh kecepatannya apabila jaringan 5G sudah tersebar luas dan beroperasi dengan stabil di Indonesia.

Hasil upload Google Drive dengan 4G dan 5G

Oh iya, POCO M3 Pro 5G juga dibekali fitur Dual SIM 5G Standby. Dengan dukungan ini, pengguna bisa mengaktifkan dua kartu SIM 5G secara bersamaan. Perangkat akan secara otomatis memilih jaringan 5G yang paling stabil di antara dua SIM yang digunakan.

Berkat kolaborasi dengan Telkomsel, pengguna tidak perlu melakukan provisioning manual ke jaringan 5G, karena akan aktif secara otomatis apabila berada di area yang mencakup jaringan tersebut. POCO M3 Pro 5G juga menjadi smartphone dengan bundling 5G pertama di Indonesia, sehingga pengguna bisa langsung menikmati layanan dan kecepatan 5G dari Telkomsel agar bisa mencoba pengalaman dunia digital yang semakin cepat dan luas.

POCO M3 Pro 5G sudah tersebar di Indonesia dan bisa dibeli melalui beberapa ecommerce meliputi Lazada, akulaku, Mi Stores, Mi Shops, erafone, serta situs resmi PO.CO.ID. Ponsel ini tersedia dalam tiga varian warna, yaitu Power Black, Cool Blue, dan warna khasnya POCO Yellow. Untuk konfigurasi 4GB/64GB, smartphone dibanderol Rp2.599.000. Sedangkan konfigurasi RAM 6GB/128GB dibanderol harga Rp2.899.000.

Editor
Share
×
tekid
back to top