sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
Jumat, 24 Apr 2020 09:09 WIB

Mengenal fitur pintar di smartphone Oppo

Tak perlu smartphone kelas mewah, Oppo juga memberikan Smart Feature untuk smartphone seharga Rp2 jutaan

Mengenal fitur pintar di smartphone Oppo

Smartphone atau ponsel pintar tentu dirancang untuk memudahkan penggunanya, melalui fitur-fitur yang ditawarkan. Dari yang awalnya hanya alat komunikasi, kini smartphone sudah menjelma menjadi perangkat serba bisa.

Meski begitu, tidak semua vendor smartphone memberikan fitur-fitur pintar di semua jajaran smartphone-nya. Ada perlakuan khusus di seri-seri tertentu yang misalnya dibekali fitur spesial, sementara yang lain tidak (sebut saja yang lebih murah).

Hal ini tidak berlaku untuk Oppo. Pabrikan smartphone asal Dongguan ini juga memiliki fitur pintar yang mereka kembangkan untuk memberikan kemudahan bagi pengguna perangkatnya. Istilahnya Smart Feature.

Oppo memilih untuk tetap menyediakan Smart Feature tersebut di semua rentang segmen seri smartphone-nya. Mulai dari yang harga Rp2 jutaan sampai kelas flagshipnya. “Perangkat lini seri A diciptakan dengan tujuan agar semua kalangan dapat menikmati teknologi terbaru dari OPPO dengan lebih menjangkau banyak lapisan, salah satunya pada A12 dimana kami menghadirkan teknologi smart feature agar lebih banyak kalangan dapat menikmati teknologi yang mempermudah keseharian mereka,” ujar Aryo Meidianto Aji selaku PR Manager Oppo Indonesia.

Smart Feature pada perangkat Oppo meliputi Smart Assistant, Smart Sidebar, Smart Driving, dan Gaming Assistant. Semuanya memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Oppo Smart Assistant

Smart Assistant menampilkan informasi seperti Cuaca, Step Tracker (penghitung langkah), pengingat acara, kontak favorit, Quick Functions, dan aplikasi populer, kemudian menempatkannya ke dalam satu halaman yang tujuannya agar mudah diakses dengan cepat.

Fitur ini memungkinkan Anda, membuka aplikasi favorit dengan cepat atau menghubungi kontak yang paling sering Anda hubungi. Fitur ini juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Smart Assistant bisa kalian temukan hanya dengan menggeser layar utama (Home Screen) ke arah kanan.

Buka Asisten Cerdas. Masuk ke [Pengaturan]> [Cerdas & Nyaman] dan aktifkan [Asisten Cerdas]. Atau geser ke kanan dari tepi kiri layar Utama, lalu tekan Hidupkan Asisten Cerdas.

Oppo Smart Assistant

Oppo Smart Sidebar

Fitur pintar selanjutnya adalah multitasking. Fitur ini memang menjadi salah satu keunggulan smartphone sedari awal diciptakan. Pengguna bisa menggunakan beberapa aplikasi secara bergantian dengan cepat atau bahkan bersamaan.

Oppo memberikan kemudahan multitasking di mana Anda akan memiliki akses cepat dengan aplikasi dan alat favorit Anda (tools). Hal ini memungkinkan untuk beralih di antara aplikasi, Transfer File, Balas Pesan, atau Screenshot saat bermain game atau menonton video, tanpa ribet mencarinya terlebih dahulu. Cukup geser ke arah kiri ikon garis putih yang menempel di sisi kanan layar smartphone.

Untuk mengaktifkan Smart Sidebar, masuk ke [Pengaturan] > [Kepraktisan Pintar] > [Smart Sidebar] > aktifkan [Smart Sidebar]

Oppo Smart Sidebar

Oppo Smart Driving

Menggunakan smartphone saat berkendara sangat tidak dianjurkan karena dapat mengakibatkan kecelakaan. Gangguan kecil saja saat berkendara, bisa menghilangkan fokus dan memiliki risiko yang sangat berbahaya.

Oleh karena itu, Oppo merancang sebuah fitur yang dapat membantu penggunanya menghindar hal tersebut ketika sedang berkendara. Fitur ini bisa tetap memberikan kenyamanan komunikasi tanpa mengurangi fokus pada saat berkendara.

Ketika Smart Driving diaktifkan, perangkat Oppo akan mengaktifkan bluetooth dan menghubungkan perangkat dengan bluetooth kit kendaraan Anda. Fitur ini juga bisa mengatur hanya menerima panggilan dari kontak tertentu selama berkendara, kelaurga atau bos Anda misalnya.

Anda dapat secara otomatis mengaktifkan berkendara cerdas dengan masuk ke [Pengaturan] > [Kepraktisan Pintar] > [Berkendara Cerdas].

Oppo Smart Driving

Oppo Gaming Assistant

Bermain gim yang nyaman itu harus lancar, tanpa gangguan notifikasi atau pun masalah koneksi. Jika kalian masih menghadapi masalh tersebut, kalian harus tahu fitur pintar perangkat Oppo untuk memaksimalkan pengalaman bermain gim kalian.

Fitur ini bernama Gaming Assistant yang terdapat di Game Space. Fitur ini memiliki beberapa fungsi untuk menhilangkan tampilan notifikasi, menolak panggilan, mengunci kecerahan layar ketika sedang bermain gim. Fitur ini juga memiliki mode Competition yang dapat meningkatkan kinerja gim, frame rate dan responsivitas.

Oppo Gaming Assistant

Itulah beberapa Smart Feature yang bisa kalian miliki pada smartphone Oppo. Seperti yang sudah diinfokan sebelumnya, Smart Feature ini terdapat di semua lini smartphone Oppo, termasuk A12 seharga Rp2 jutaan yang baru saja diluncurkan beberapa hari kemarin.

Editor
Share
back to top