sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id synologi
Rabu, 14 Okt 2020 13:01 WIB

Membandingkan spesifikasi Poco X3 NFC dan Realme 7 Pro

Apakah ada perbedaan antara kedua ponsel tersebut? Tentu saja ada. Berikut perbandingan spesifikasi antara Xiaomi Poco X3 NFC dan Realme 7 Pro.

Membandingkan spesifikasi Poco X3 NFC dan Realme 7 Pro
Source: GSM Arena

Sebentar lagi Xiaomi membuka tabir ponsel Poco X3 NFC di Indonesia. Di sisi lain, Realme akan meluncurkan ponsel terbarunya di Indonesia, yaitu Realme 7 Pro. Kedua ponsel ini menyasar ke kelas menengah. Kedua ponsel ini juga akan sama-sama dipersenjatai empat kamera belakang, dengan kamera utamanya mengusung sensor beresolusi cukup tinggi pada 64 MP. Lantas, apakah ada perbedaan antara kedua ponsel tersebut? Tentu saja ada. Berikut perbandingan spesifikasi antara Xiaomi Poco X3 NFC dan Realme 7 Pro.

Hardware

Berangkat dari hardware, mungkin bisa dibilang perbedaan terbesar antara Poco X3 NFC dan realme 7 Pro terletak di prosesornya. Xiaomi menjejalkan Poco X3 Pro dengan chipset Qualcomm Snapdragon 732G, sedangkan Realme 7 Pro ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 720G.

Sebagai informasi, Snapdragon 732G G mulai diumumkan oleh Qualcomm pada 31 Agustus 2020. Prosesor mobile ini dilengkapi dengan 2 inti Kryo 470 Gold 2.3 GHz, dan 6 inti Kryo 470 Silver 1.8 GHz. Di sisi lain, Qualcomm mengumumkan prosesor mobile Snapdragon 720G pada 20 Januari 2020 dengan komposisi 2 inti Kryo 465 Gold 2.3 GHz dan 6 inti Kryo 465 1.8 GHz.

Dari sisi RAM, kedua ponsel dari Xiaomi dan Realme tersebut tersedia hingga kapasitas 8 GB. Berbicara penyimpanan internal, jagoan baru dari Xiaomi dan Realme di pasar menengah tersebut memiliki penyimpanan hingga 128 GB dengan basis UFS 2.1. Kamu juga dapat meningkatkan kapasitas penyimpanan tersebut pada kedua ponsel ini via slot microSD.

Menurut informasi yang beredar, Realme memastikan bahwa akan ada dukungan NFC pada ponsel Realme 7 Pro yang akan meluncur di Indonesia. Dengan demikian, baik Poco X3 NFC dan Realme 7 Pro akan dapat membantu kamu mengisi ulang uang elektronik dan mengecek saldonya. Selain itu, NFC juga dapat digunakan untuk melakukan pairing lebih mudah pada perangkat Bluetooth (misalnya speaker portabel) yang juga mendukung NFC.

Kamera

Pada bagian belakangnya, Poco X3 NFC dilengkapi dengan konfigurasi empat kamera. Masing-masing kamera tersebut adalah kamera utama dengan lensa lebar beresolusi 64 MP (f/1.89), kamera ultra lebar beresolusi 13 MP dengan sudut pandang 119 derajat (f/2.2), kamera makro beresolusi 2 MP (f/2.4), dan terakhir adalah kamera depth sensor (f/2.4) beresolusi 2 MP.

Kamera belakang Realme 7 Pro juga dilengkapi dengan empat kamera, yang menyertakan kamera utama dengan lensa lebar beresolusi 64 MP (f/1.8), kamera ultra lebar beresolusi 8 MP (f/2.3) dengan sudut pandang 119 derajat, kamera makro 2 MP (f/2.4), dan kamera depth sensor beresolusi 2 MP (f/2.4).

Konfigurasi kamera belakang Poco X3 NFC dan Realme 7 Pro memang mirip. Tetapi untuk kamera ultra wide, Poco X3 NFC memiliki resolusi yang lebih tinggi (13 MP vs 8 MP). Jadi secara teori, Poco X3 NFC akan menghadirkan resolusi lebih tinggi ketika memotret menggunakan lensa ultra lebar.

Untuk kamera depan, resolusi yang dihadirkan pada Poco X3 NFC adalah 20 MP, sedangkan Realme 7 Pro hadir dengan kamera depan 32 MP. Kedua ponsel ini menggunakan sistem punch-hole untuk tempat kamera depan. Namun yang membedakan dari puch-hole kamera depan keduanya adalah letaknya, di mana Poco X3 NFC terdapat di atas tengah layar, sedangkan Realme 7 Pro terletak di pojok kiri atas.

Layar

Untuk ukuran layar, Poco X3 NFC memiliki rentang diagonal 6,67 inci. Ini sedikit lebih besar dibandingkan dengan Realme 7 Pro dengan ukuran 6,4 inci. Teknologi panel yang digunakan untuk Poco X3 NFC adalah LCD IPS, sedangkan Realme 7 Pro menggunakan teknologi Super AMOLED.

Meski Realme memiliki layar tipe Super AMOLED yang secara teknis akan memberikan kontras yang lebih baik, tetapi layar Poco X3 NFC memiliki refresh rate yang lebih tinggi pada 120 Hz. Sebagai catatan, refresh rate yang lebih tinggi menjanjikan pergerakan konten pada layar lebih mulus. Begitu pula ketika bermain gim, permainan akan lebih terasa optimal dengan pergerakan lebih lancar.

Seperti kebanyakan ponsel zaman sekarang, layar yang diusungnya memiliki lapisan pelindung agar terhindar dari insiden yang tidak diinginkan. Poco X3 NFC menggunakan lapisan Corning Gorilla Glass 5 di layarnya, sedangkan Realme 7 Pro dilapisi pelindung Corning Gorilla Glass 3+. Oiya, kedua ponsel ini memiliki resolusi layar yang sama, yaitu FHD+ atau 1080 x 2400 piksel.

Desain

Ponsel mendatang buatan Xiaomi dan Realme tidak terlalu berbeda dalam hal ukuran bodi. Sebagai informasi, Poco X3 NFC mengusung bodi berdimensi 165,3 x 76,8 x 9,4mm. Di sisi lain, ukuran bodi Realme 7 Pro adalah 160,9 x 74,3 x 8,7 mm. Sedangkan untuk bobot keseluruhan, Poco X3 NFC memiliki berat 215 gram, sementara Realme 7 Pro memiliki bobot 182 gram.

Pada bodinya, baik Poco X3 NFC maupun Realme 7 Pro memiliki integrasi speaker stereo. Masing-masing speaker terletak di atas dan bawah ponsel. Ini memungkinkan pengalaman yang lebih optimal ketika bermain gim atau menonton film tanpa menggunakan earphone. Berbicara seputar earphone, kedua ponsel ini memiliki port audio 3,5 mm sehingga kamu dapat menggunakan earphone atau headphone dengan jack 3.5 mm yang ada di pasaran.

Pada bagian atas bodi Poco X3 NFC terlihat transmitter inframerah yang berguna untuk menjadi remote kontrol perangkat elektronik. Namun, Realme 7 Pro tidak dilengkapi dengan fitur tersebut. Kamu dapat mendengarkan radio FM tanpa koneksi internet di Poco X3 NFC lantaran ponsel ini terintegrasi dengan modul radio FM. Namun kamu harus mengunduh aplikasi stasiun radio di Realme 7 Pro, karena ponsel ini tidak dilengkapi dengan radio FM.

Baterai

Kapasitas baterai pada Poco X3 NFC adalah 5160 mAh, ini agak sedikit lebih besar daripada kapasitas baterai Realme 7 Pro, yaitu 4500 mAh. Melihat dari kapasitasnya, secara teoritis Poco X3 NFC memiliki daya tahan baterai yang lebih lama jika dibandingkan dengan Realme 7 Pro.

Baik Xiaomi dan Realme juga dibekali sistem pengisian cepat (fast charging) pada ponsel terbarunya yang akan hadir di Tanah Air sebentar lagi. Pada Poco X3 NFC, sistem pengisian cepat yang dimilikinya adalah 33W. Sedangkan ponsel Realme 7 Pro memiliki sistem pengisian cepat berdaya 65W.

Editor
Share
×
tekid
back to top