sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Rabu, 18 Jan 2023 10:05 WIB

Awas, meletakkan PS5 secara horizontal bisa bikin rusak total

Konsol PlayStation 5 buatan raksasa teknologi Jepang rentan terhadap kerusakan internal permanen saat diletakkan vertikal.

Awas, meletakkan PS5 secara horizontal bisa bikin rusak total

Sony PlayStation 5 (PS5) dan Microsoft Xbox Series X dan Series S adalah konsol gim generasi terbaru.Kedua perangkat ini sudah didesain agar dapat ditempatkan secara vertikal atau horizontal, sesuai kebutuhan para pengguna. Namun, tampaknya salah satu dari metode ini dapat menyebabkan PS5 mengalami kerusakan total.

Menurut tweet baru-baru ini, konsol PS5 raksasa teknologi Jepang itu diduga mengalami kerentanan terhadap kerusakan internal permanen saat diletakkan vertikal. Rupanya, ketika pengguna meletakkan PS5 secara tegak lurus, antarmuka logam cair yang digunakan pada APU AMD kustom dapat bocor. Dilansir dari Gizmochina (18/1), dengan kata lain pada dasarnya itu berarti mekanisme pendingin telah gagal dan logam cair akan tumpah ke motherboard.

Tweet itu dibagikan oleh @68logic, yang memiliki bengkel perangkat kerasnya sendiri. Insiden ini tampaknya benar karena pemilik bengkel khusus lainnya, Ben Montana, juga membenarkan masalah ini dengan PS5.

Masalah tersebut kemungkinan terjadi karena segel antara APU dan heatsink tidak cukup kencang. Hal ini menyebabkan logam cair bocor, yang bisa sangat berbahaya bagi konsol gim. Pihak lain yang mengkonfirmasi isu ini adalah YouTuber TheCod3r yang menginformasikan tumpahan logam cair di salah satu videonya.

Saat ini, ada jutaan gamer yang menempatkan PS5 mereka secara vertikal. Jadi sementara masalah itu mungkin tidak umum terjadi. Masih ada kemungkinan masalah tersebut mempengaruhi banyak PS5 lainnya.

Meskipun demikian, salah satu tukang reparasi konsol dan YouTuber Spawn Wave Plus menyatakan bahwa Sony telah “melampaui” untuk menawarkan penghalang yang mumpuni di sekitar logam cair. Terlepas dari itu, tidak jelas apakah masalah ini hanya mempengaruhi beberapa model PS5 saat ini.

Share
×
tekid
back to top