MediaTek siapkan chip 5G untuk smartphone murah

Sementara chipset seri lain memberi daya untuk smartphone 5G yang mahal, seri MT6873 benar-benar akan mengakomodir smartphone 5G murah.

MediaTek siapkan chip 5G untuk smartphone murah

MediaTek kabarnya akan mengirimkan chip 5G kelas menengah ke Huawei di tahun depan. Artinya ini akan menjadi chip 5G kedua dari perusahaan dengan kode nama MT6873. Chip ini ditargetkan untuk smartphone dengan harga yang terjangkau.

Selama beberapa tahun terakhir MediaTek fokus pada pengembangan produk untuk teknologi 5G. Ketika jaringan 5G mulai bergulir di seluruh dunia, perusahaan tentu akan menjadi perhatian karena perlu mendukung smartphone dengan teknologi yang sama. 


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Oppo jadi yang pertama gunakan Snapdragon 865

Apple resmi beli bisnis modem ponsel Intel

Tiongkok manfaatkan pemindaian wajah untuk daftar layanan ponsel


Sebelumnya MediaTek kabarnya akan meluncurkan chipset 5G untuk smartphone flagship yaitu MT6885Z, dan akan diumumkan secara resmi pada 26 November. Sementara chipset itu memberi daya untuk smartphone 5G yang mahal, seri MT6873 benar-benar akan mengakomodir smartphone 5G murah.

MediaTek MT6873 ditargetkan untuk smartphone kelas menengah. Sejauh ini memang belum ada smartphone 5G di kelas tersebut. Namun kondisi ini akan berubah seiring berjalannya waktu, utamanya pada kuartal dua 2020. Dilansir Gizmochina (12/11), chip ini akan memberi daya pada smartphone kelas menengah Huawei atau Honor versi 5G.

Huawei sendiri telah menyiapkan chipset yang mendukung jaringan 5G yaitu Kirin 990 5G. Ini membuka kesempatan bagi Mediatek untuk menyokong smartphone kelas menengah besutan Huawei. 

Dalam beberapa tahun terakhir, Qualcomm memasok beberapa chip untuk Huawei dan Honor di kelas menengah. Namun dengan hadirnya MT6873, MediaTek bisa mengambil sebagian kecil dari pengiriman itu di tahun depan.

Selain itu, MediaTek dilaporkan tengah mengembangkan chip 5G ketiga untuk smartphone yang dibanderol di harga yang murah. Namun belum diketahui kapan chip ini akan tersedia.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: